Selasa, 31 Maret 2015 Waktu: 09:03

Berita / AS / Pemilu AS

Obama Resmi Mulai Kampanye Lawan Romney

Enam bulan sebelum pemilu, Presiden Barack Obama pekan depan akan mengunjungi beberapa negara bagian penting dan dengan resmi memulai kampanyenya.

Presiden Obama dan Ibu Negara Michelle Obama mendapat penghormatan dari para prajurit AS di Fort Stewart, Georgia, Jumat (27/4).
Presiden Obama dan Ibu Negara Michelle Obama mendapat penghormatan dari para prajurit AS di Fort Stewart, Georgia, Jumat (27/4).
Dan Robinson
Pejabat kampanye Obama mengatakan presiden dan ibu negara Michelle Obama secara resmi akan memulai kampanye pemilu tanggal 5 Mei dengan penampilan di Ohio dan Virginia.

Obama pada dasarnya telah berkampanye selama berbulan-bulan. Ia telah melakukan banyak lawatan untuk memajukan kebijakannya, digabung dengan berbagai pidato yang telah menjaring puluhan juta dolar untuk kampanyenya untuk bisa terpilih lagi.

Ohio, yang ia menangkan dalam pemilu presiden 2008 melawan calon Republik John McCain, dan Virginia, yang juga dimenangkan oleh Demokrat tahun itu, adalah fokus utama tim pemilihan kembali Obama.

Gedung Putih menampik berbagai kecaman di media dan dari pihak Republik, bahwa lawatan yang menggabungkan penggalangan dana dengan promosi kebijakan pada hakikatnya telah memungkinkan Obama berkampanye dengan biaya pembayar pajak.

Juru bicara Gedung Putih, Jay Carney, menyebut tuduhan-tuduhan itu sebagai upaya untuk mempolitisir isu lawatan presiden, dengan mengatakan Obama mengikuti aturan yang sama seperti presiden-presiden sebelumnya.

"Argumen tentang hal ini berasal dari orang-orang yang tahu bahwa kami dengan seksama mengikuti semua aturan dalam hal penggambaran antara perjalanan kampanye dan perjalanan dinas, sama seperti yang dilakukan oleh pendahulu kami," ujar Carney.

Obama selama dua hari minggu ini mempromosikan usulannya untuk menurunkan biaya pinjaman bagi mahasiswa dengan kunjungan ke North Carolina, Colorado dan Iowa, tetapi juga menyertakan acara penggalangan dana.

Di Capitol Hill, ketua DPR dari Partai Republik John Boehner menyebut perjalanan presiden itu "pertunjukan politik." "Dan, terus terang tidak layak dilakukan,” tambahnya.

Perang politik antara Obama dan Romney telah meningkat. Obama mengatakan Romney dan usulan Partai Republik yang didukungnya akan memundurkan pemulihan ekonomi dan melemahkan kelas menengah.

Romney mencap kebijakan-kebijakan Obama dalam segala hal, sebagai sebuah kegagalan, mulai dari penciptaan lapangan kerja sampai kebijakan energi. Kedua tokoh itu saling mengecam dalam pernyataan baru-baru ini di lokasi terpisah.

Obama mengatakan, "Saya tidak lahir dari keluarga kaya. Michelle juga tidak. Tetapi seseorang memberi kami kesempatan.”

Romney menanggapi pernyataan itu dengan mengatakan, "Saya tahu presiden suka menyerang sesama warga Amerika. Ia selalu mencari kambing hitam, khususnya mereka yang telah sukses seperti ayah saya, dan saya tidak akan menanggapinya.”

Sementara itu, Gedung Putih menggunakan Wakil Presiden Joe Biden untuk menghantam Romney dalam isu kebijakan luar negeri.

Berbicara di kota New York, Biden melukiskan kritik Romney terhadap Obama mengenai hubungan dengan Rusia dan cara presiden Obama menangani isu nuklir Iran sebagai bodoh dan salah informasi.

"Jika apa yang dimaksudkan oleh Gubernur Romney dengan kebijakan yang sangat berbeda terhadap Iran, ia seharusnya memberitahu rakyat Amerika," kata Biden. "Dia seharusnya mengatakan demikian. Jika tidak, sikap keras Gubernur Romney tentang aksi militer hanya pembicaraan belaka, dan saya menambahkan, itu adalah pembicaraan yang kontraproduktif.”

Seorang pejabat kampanye Romney pada hari Kamis mengatakan kebijakan luar negeri Obama akan menjadi salah satu isu utama dalam kampanye Romney.

Presiden Obama telah berbesar hati dengan angka-angka jajak pendapat terbaru, termasuk di negara-negara bagian yang menjadi medan tempur, meskipun para analis politik umumnya mengatakan pemilu November nanti kemungkinan besar akan sangat ketat.

Para pejabat Partai Demokrat mengatakan Obama akan menggunakan penampilannya untuk lebih menjelaskan prestasinya dalam pemulihan ekonomi dan membandingkannya dengan proposal Romney.

Seperti dalam setiap kontes nasional, kedua kandidat berisiko akan dilihat menjadi sangat negatif atau terlalu pribadi selagi mereka berkampanye dalam beberapa bulan mendatang.
Forum ini telah ditutup.
Komentar-komentar
     
Tidak ada komentar di forum ini. Jadi yang pertama dan pasang komentar Anda

Ikuti Kami

Video & Foto Terbaru

JavaScript Anda dimatikan atau Anda memiliki versi Adobe Flash Player yang lama. Dapatkan Flash Player terbaru.
i
|| 0:00:00
...  
🔇
X
  • Seorang anggota pasukan keamanan Irak berlari untuk memasang bendera nasional ketika mereka mengelilingi Tikrit dalam bentrokan untuk merebut kembali kota tersebut dari militan ISIS, 130 kilometer wilayah utara Baghdad.
  • Seorang pria Kashmir membantu evakuasi warga lokal dari sebuah wilayah yang dilanda banjir di Srinagar.
  • Kendaraan serbu amfibi milik Marinir Korea Selatan menembakkan granat asap ke pantai dalam latihan gabungan antara Marinir AS dan Korea Selatan di pelabuhan Pohang tenggara.
  • Para pendukung kandidat oposisi partai APC Jenderal Muhammadu Buhari merayakan kemenangan senator di distrik Kano Pusat yang merupakan distrik asal kandidat APC Rabiu Musa Kwankwaso, di Kano, Nigeria utara, dengan akrobat motor. Warga Nigeria menunggu hasil pemilihan presiden terketat sepanjang sejarah negara tersebut dengan cemas dan penuh harapan pada saat yang bersamaan.
  • Seorang anggota media Iran berjalan di atas papan catur di tempat terbuka di lokasi negosiasi program nuklir Iran, antara pejabat Iran dan perwakilan dari dunia di Lausanne, Swiss.
  • Volume komuter di jam sibuk di sebuah jalan di Hanoi, Vietnam.
  • Seekor kucing Bengalla dinilai oleh seorang anggota juri di pameran Kucing Dunia di Athena, Yunani, 29 Maret 2015.
  • Saudara kembar non identik berusia 18 bulan, Nacho Guirado (kiri) dan Asier menangis ketika digendong oleh ayah mereka Ignacio (kiri) dan paman mereka Jose Carlos, yang juga kembar, sambil mengangkat kendaraan hias yang mengangkut patung Sang Perawan di dalam sebuah gereja dalam prosesi Minggu Palem di awal Pekan Suci di Malaga, Spanyol selatan, 29 Maret 2015.
  • Seorang pria memperhatikan sebuah pameran berjudul "Oh! Future Sensation" sebagai bagian dari perayaan ulang tahun Saint-Gobain ke-350, di Sao Paulo, Brazil.
  • Ratusan singa laut berbaring di dermaga di Astoria, Oregon, USA, 29 Maret 2015. Lebih dari 2.300 singa laut California menguasai dermaga penduduk pesisir dan mereka diperkirakan tinggal di sana sampai aliran ikan kepala batu dan salmon yang mereka makan habis pada akhir Mei, menurut para pejabat.
  • Gunung berapi Villarrica memuntahkan asap dan lava, seperti terlihat dari Santiago selatan, Brazil, 29 Maret 2015.
Galeri Foto

Galeri Foto 30 Maret 2015

Video

Video Iran dan P5 Berusaha Penuhi Tenggat Waktu Perjanjian Nuklir

Juru runding Iran dan kelompok negara P5 yaitu AS, Inggris, Perancis, Rusia dan China berada di Swiss guna memenuhi tenggat 31 Maret untuk mencapai kesepakatan program nuklir Iran. Gedung Putih menyatakan kunci perundingan terletak di tangan Iran. Selengkapnya ikuti laporan tim VOA dari Washington.
Video

Video Kilas VOA 30 Maret 2015

Iran dan 5 negara kuat dunia kembali berunding guna mencapai kesepakatan nuklir. Pemilu Nigeria tetap berlangsung meski dihadang sejumlah serangan. Ratusan mengikuti prosesi di Yerusalem menandai minggu suci umat Katolik. Memperingati Earth Hour, monumen di 170 negara mematikan listrik selama sejam.
 Aktivitas di Facebook