Kamis, 26 Mei 2016 Waktu: 01:48

    Berita / AS

    Obama ke North Carolina, Kampanye Pertumbuhan Ekonomi

    Presiden Amerika Barack Obama melawat ke Asheville, North Carolina, Rabu (13/2), untuk mempromosikan tema utama pidato kenegaraannya Selasa malam.

    Presiden Amerika Barack Obama akan berkampanye ke Asheville, negara bagian North Carolina, untuk memkampanyekan tema utama pidato kenegaraannya, Rabu (13/2).
    Presiden Amerika Barack Obama akan berkampanye ke Asheville, negara bagian North Carolina, untuk memkampanyekan tema utama pidato kenegaraannya, Rabu (13/2).
    Pidato kenegaraan Presiden Obama di hadapan sidang gabungan Kongres Selasa malam (12/2), terfokus pada usulan-usulannya untuk memperkokoh ekonomi Amerika yang sedang rapuh.

    Presiden Obama mengatakan tugas generasi masa kini adalah menghidupkan kembali mesin sesungguhnya pertumbuhan ekonomi Amerika, yakni, golongan menengah yang maju dan makmur.

    Obama menekankan pentingnya menciptakan pekerjaan-pekerjaan baru.  Ia mengatakan Amerika tidak memerlukan pemerintah yang lebih besar, tapi pemerintah yang lebih pintar yang menetapkan prioritas dan berinvestasi pada pertumbuhan  yang berbasis luas.

    Presiden memperingatkan bahwa pemotongan anggaran otomatis yang akan berlaku sekiranya Kongres tidak dapat mencapai persetujuan anggaran akan membahayakan kesiagaan militer, pertumbuhan ekonomi yang lamban dan menghambat prioritas seperti pendidikan, energi, dan penelitian kedokteran.

    Obama juga mendesak Kongres agar meluluskan rancangan undang-undang mengenai dua masalah yang sedang diperdebatkan di gedung Kongres, yakni, pengawasan senjata-api pribadi dan reformasi imigrasi.

    Mengenai Afghanistan, Presiden Obama mengumumkan bahwa kira-kira separuh pasukan Amerika yang saat ini bertugas disana – kira-kira 34 ribu --  akan pulang dalam waktu satu tahun.  Pada puncaknya dalam perang 10 tahun itu, Amerika Serikat menggelar kira-kira 100 ribu tentara di Afghanistan. Pengalihan penuh wewenang keamanan dari pasukan  NATO kepada pasukan Afghanistan dijadwalkan tahun 2014.

    Dalam pidatonya, Obama menyerukan solusi berbasis pasar yang disepakati kedua partai untuk perubahan iklim, dan mengatakan kalau Kongres tidak bertindak untuk melindungi generasi masa depan, ia akan mengambil tindakan eksekutif untuk melaksanakannya.  Ia mengatakan ia juga ingin bekerjasama dengan Kongres untuk mendorong penelitian dan teknologi yang membantu penggunaan gas alam secara lebih bersih dan melindungi udara dan air.

    Presiden juga mengumumkan awal perundingan persetujuan perdagangan bebas antara Amerika Serikat dan Uni Eropa.  Uni Eropa yang beranggotakan 27 negara itu adalah mitra dagang terbesar Amerika Serikat.

    Lihat Juga

    Perusakan Masjid Ahmadiyah Nodai Toleransi di Jawa Tengah

    Jawa Tengah selama ini dikenal sebagai daerah yang cukup sejuk dan toleran, namun perusakan Masjid Ahmadiyah di Kabupaten Kendal, seolah merusak predikat itu. Selengkapnya

    Obama Puji Pemuda Vietnam dalam Perbincangan Akrab

    Presiden AS Barack Obama mengatakan, berinteraksi dengan para pemuda dalam lawatan tiga harinya ke Vietnam membuatnya optimistis mengenai masa depan negara itu. Selengkapnya

    HRW Kecam Industri Tembakau Terkait Pekerja Anak

    Meskipun UU Indonesia melarang anak-anak di bawah usia 18 tahun bekerja di lingkungan berbahaya, banyak anak yang bekerja di pertanian tembakau yang jumlahnya kini mencapai sekitar 500 ribu dan tersebar di berbagai penjuru Indonesia. Selengkapnya

    Forum ini telah ditutup.
    Komentar-komentar
         
    Tidak ada komentar di forum ini. Jadi yang pertama dan pasang komentar Anda

    Ikuti Kami