Tautan-tautan Akses

Obama Desak DPR untuk Kompromi Hadapi Ancaman Jurang Fiskal


Presiden Barack Obama memberikan keterangan kepada pers terkait jurang fiskal di Gedung Putih, Jum'at (21/12).
Presiden Barack Obama memberikan keterangan kepada pers terkait jurang fiskal di Gedung Putih, Jum'at (21/12).

Presiden Obama mendesak DPR yang dikuasai fihak Republik untuk berkompromi dalam hal pajak dan belanja guna menghindari sebuah krisis pada akhir tahun, Jum'at (21/12).

Obama, dalam sebuah pernyataan, mendesak fihak Republik agar pada reses liburan Natal 25 Desember ini merenungkan kesulitan yang harus dialami warga Amerika apabila kesepakatan kenaikan pajak dan potongan belanja tidak tercapai dalam 10 hari mendatang. Tanpa terciptanya sebuah kesepakatan, potongan belanja dan kenaikan pajak akan secara otomatis diberlakukan pada 1 Januari dan berdampak pada semua warga Amerika.

Presiden mengatakan ia bisa menerima kenaikan pajak untuk warga berpenghasilan $ 400 ribu dan lebih, sementara fihak Republik hendak memperpanjang keringanan pajak yang ada. Jumat, presiden menyerukan pencapaian sebuah kompromi dimana “tak ada fihak keinginannya dipenuhi 100 persen.”

Anggota kongres meninggalkan Washington Kamis sore untuk liburan Natal, dan presiden menyerukan agar mereka kembali ke Washington minggu depan untuk mengusahakan sebuah kesepakatan.
XS
SM
MD
LG