Senin, 01 September 2014 Waktu UTC: 07:30

Nilai Mata Uang Rupee India Terus Turun Terhadap Dolar Amerika

Mata uang rupee India terus melemah hari Kamis, jatuh ke rekor terendah terhadap dolar Amerika dalam empat hari berturut-turut.

Uang kertas 500 rupee India (Foto: dok).
Uang kertas 500 rupee India (Foto: dok).

Dalam perdagangan pagi, rupee sedikit di atas 54 untuk satu dolar Amerika. Mata uang India itu telah kehilangan nilai hampir 20 persen sejak bulan Juli.

Penurunan itu sebagian disebabkan oleh para penanam modal asing yang terus menarik uang mereka dari apa yang mereka pandang sebagai pasar ekonomi kuat yang baru muncul yang dianggap berisiko.

Banyak pakar ekonomi memperkirakan bank sentral India akan mengumumkan pengambilan langkah yang lebih kuat untuk mendukung rupee yang menurun dengan cepat  pada hari peninjauan kembali kebijakannya pada pertengahan kwartal hari Jumat.

Mata uang yang melemah itu menambah masalah ekonomi India pada waktu pertumbuhan telah mulai melamban. Pemerintah  telah mengubah proyeksi pertumbuhan ke sekitar 7,5 persen, sedangkan awal tahun ini 8,5 persen.

Banyak mata uang negara Asia telah jatuh terhadap dolar dalam beberapa bulan ini, tetapi rupee India terpukul paling berat.

Forum ini telah ditutup.
Komentar-komentar
     
Tidak ada komentar di forum ini. Jadi yang pertama dan pasang komentar Anda