Tautan-tautan Akses

NATO: Rusia Terus Tingkatkan Militer di Ukraina


Sekjen NATO Jens Stoltenberg berbicara kepada media di Brussels, Selasa (18/11).
Sekjen NATO Jens Stoltenberg berbicara kepada media di Brussels, Selasa (18/11).

Sekjen NATO Jens Stoltenberg Selasa (18/11) menuduh Rusia melancarkan peningkatan militer serius baik di Ukraina maupun di perbatasannya.

Sekjen NATO Jens Stoltenberg mengatakan Rusia telah melancarkan peningkatan militer “serius” baik di Ukraina maupun di perbatasannya, menggelar tentara dan peralatan canggih termasuk sistim pertahanan udara.

Berbicara hari Selasa (18/11) di Brussels, Stoltenberg mendesak Rusia untuk menarik tentaranya dan “ikut dalam penyelesaian damai” di Ukraina di mana separatis pro Rusia telah memerangi pasukan Ukraina di bagian timur negara itu.

Militer Ukraina hari Selasa mengatakan sekurangnya lima tentara tewas dan delapan cedera dalam pertempuran sejak hari Minggu.

Rusia berkali-kali menyangkal mendukung langsung pemberontak di Ukraina timur dan menggambarkan tentara Rusia yang disaksikan bertempur bersama- separatis pro Rusia di Ukraina timur sebagai relawan.

Menteri Luar Negeri Jerman Frank-Walter Steinmeier meminta kepada semua pihak dalam konflik tersebut untuk mematuhi perjanjian gencatan senjata antara Ukraina dan pemberontak. Ia berbicara kepada wartawan di ibukota Ukraina menjelang kunjungan ke Rusia.

Di London, Menteri Luar Negeri Inggris Philip Hammond mengatakan Rusia “ harus terus diingatkan mengenai kewajibannya” berdasar perjanjian tersebut.

Juga Selasa, Perdana Menteri Ukraina Arseniy Yatsenyuk menghimbau Rusia untuk mengadakan “perundingan serius di daerah yang netral”.

XS
SM
MD
LG