Jumat, 31 Oktober 2014 Waktu UTC: 22:55

Berita / Iptek / Teknologi

Mobil Listrik Tesla Perkenalkan Sistem Ganti Baterai

Produsen mobil listrik Tesla Motors kini berusaha keras untuk membuat perjalanan jarak jauh dapat dilakukan dengan menggunakan mobil listrik.

Tesla mengungkap sistem baru untuk mengganti baterai yang secara otomatis mengganti baterai yang mati dengan baterai yang sudah dicas penuh, Jumat (21/6).
Tesla mengungkap sistem baru untuk mengganti baterai yang secara otomatis mengganti baterai yang mati dengan baterai yang sudah dicas penuh, Jumat (21/6).
Pendiri kedua jasa keuangan online PayPal dan pemilik produsen mobil listrik Tesla Motors, milyarder Elon Musk, kini berusaha keras untuk membuat perjalanan jarak jauh dapat dilakukan dengan menggunakan mobil listrik.

Pada acara hari Kamis di studio desain Tesla di Los Angeles, Musk mengungkap sistem baru untuk mengganti baterai yang secara otomatis mengganti baterai yang mati dengan baterai yang sudah dicas penuh dalam waktu yang kurang lebih sama dengan mengisi tangki bensin 50 liter, dan harganya pun hampir sama.

Pengecasan baterai di stasiun Tesla supercharging gratis tetapi membutuhkan waktu sekitar 30 menit. Baterai yang sudah dicas penuh memungkinkan mobil menempuh jarak sekitar 320 kilometer.

Tesla Motors mempunyai delapan stasiun mencas baterai di California, tetapi berencana membuka banyak lagi, guna memungkinkan mobil listrik buatannya menempuh perjalanan dari pantai timur ke pantai barat Amerika akhir tahun depan. Stasiun-stasiun penggantian baterai itu akan dibuka akhir tahun ini, pertama di jalan bebas rambu yang ramai antara Los Angeles dan San Francisco.

Harga mobil listrik lebih murah pemakaiannya dibandingkan mobil yang menggunakan bensin tetapi tidak cepat laku karena harganya lebih mahal, jarak tempuhnya terbatas, kurangnya infrastruktur dan lamanya waktu yang dibutuhkan untuk mengecas ulang baterai. Mobil listrik Tesla dijual sekitar 20 ribu unit per tahun. Kalangan investor mendukung strategi perusahaan itu dan harga sahamnya naik hampir tiga kali lipat tahun ini.
Forum ini telah ditutup.
Urutan Komentar
Komentar-komentar
     
oleh: ujang dari: banawa
12.07.2013 09:36
dfgsdfgsfdgsdfgsdfgsdfg

 

 

Ikuti Kami

 Aktivitas di Facebook