Selasa, 30 September 2014 Waktu UTC: 13:51

Berita / Dunia / Timur Tengah

Menlu Rusia: Moskow Tak Pernah Dukung Presiden Assad di Suriah

Di Moskow Senin (28/1), Menlu Rusia Sergei Lavrov juga mengecam negara-negara lain yang menyalahtafsirkan posisi Rusia dalam konflik politik di Suriah.

Menlu Rusia Sergei Lavrov menjelaskan posisi Rusia dalam konflik politik di Suriah dalam konferensi pers di Moskow 28/1 (foto: dok).
Menlu Rusia Sergei Lavrov menjelaskan posisi Rusia dalam konflik politik di Suriah dalam konferensi pers di Moskow 28/1 (foto: dok).
Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov mengatakan kepada wartawan hari Senin (28/1) di Moskow bahwa Rusia tidak mendukung salah satu pihak dalam konflik di Suriah, dan mengecam negara-negara lain yang menyalahtafsirkan posisi Rusia.

Pernyataan itu dikeluarkan sehari setelah PM Dmitry Medvedev mengatakan, Assad melakukan kesalahan hampir fatal dengan menunda reformasi demokrasi yang dituntut oposisi. Ditegaskan, Assad seharusnya bertindak lebih cepat merangkul lawan-lawan politiknya yang moderat, dan bahwa peluang Assad untuk mempertahankan kekuasaan kian hari kian kecil.

Rusia sejak lama menjadi pemasok senjata untuk keluarga Assad, dan telah beberapa kali memveto resolusi Dewan Keamanan PBB yang mengutuk Assad karena menindas pergolakan pro-demokrasi yang tadinya damai.

Juga hari Senin para anggota oposisi Suriah bertemu dengan wakil negara-negara yang mendukung mereka, dimana Menteri Luar Negeri Perancis Laurent Fabius menyerukan agar oposisi diberi sarana untuk mempertahankan diri dan mendukung tujuan politiknya. 
Forum ini telah ditutup.
Komentar-komentar
     
Tidak ada komentar di forum ini. Jadi yang pertama dan pasang komentar Anda

Ikuti Kami

 Aktivitas di Facebook