Kamis, 24 April 2014 Waktu UTC: 01:38

Berita / Iptek / Teknologi

Masa Jaya Apple Diperkirakan Sudah Lewat

Banyak investor menilai masa kejayaan Apple sudah lewat disalip pesaing dan anggapan bahwa iPhone versi terbaru adalah produk gagal.

CEO Apple Tim Cook saat mempresentasikan iPhone 5 pada sebuah acara di San Francisco, September 2012. (AP/Jeff Chiu)
CEO Apple Tim Cook saat mempresentasikan iPhone 5 pada sebuah acara di San Francisco, September 2012. (AP/Jeff Chiu)
UKURAN HURUF - +
— Minggu lalu, nilai saham Apple jatuh di bawah US$500 untuk pertama kalinya dalam 11 bulan. Sejak saham Apple memuncak pada $707,5 pada 21 September, yaitu hari diluncurkannya iPhone 5, nilainya jatuh hampir 30 persen, mengurangi nilai kapitalisasi pasar Apple menjadi hampir $200 miliar.

Pada Rabu (23/1) ini, Apple, yang masih merupakan perusahaan publik paling bernilai, berkesempatan menyanggah mereka yang skeptik dengan laporan hasil keuangan pada kuartal terakhir 2012. Namun laporan tersebut bisa menegaskan keyakinan bahwa perusahaan tersebut tidak lagi yang paling inovatif dan terdepan dalam penjualan.

Masalahnya diyakini ada di iPhone, yang merupakan telepon pintar paling mahal di antara produk lain dengan fitur sama.

Analis Michael Morgan dari ABI Research yakin pangsa pasar global Apple untuk telepon pintar akan naik dari 20,5 persen menjadi 22 persen tahun ini dan selanjutnya datar. Sementara itu, Samsung Electronics dari Korea Selatan – produsen telepon pintar nomor satu di dunia, sudah memiliki 30 persen pangsa pasar, dan diperkirakan terus meningkatkan dominasinya, ujar Morgan.

Investor juga melihat kesulitan jangka pendek untuk Apple. Minggu lalu, surat kabar Jepang Nikkei dan The Wall Street Journal melaporkan bahwa perusahaan telah mengurangi pesanan komponen iPhone 5 karena penjualan yang tidak seperti yang diharapkan.

Analis Sterne Agee Shaw Wu mengatakan pesanan terhadap iPhone 5 tetap tinggi, namun komponen dibeli dari pemasok lain dan produksi diperbaiki sehingga tidak memerlukan komponen sebanyak biasa.

Para analis berharap penjualan iPhone akan mencapai 48 juta, dibandingkan dengan 37 juta tahun lalu dalam kuartal yang sama.

Apple sendiri tidak melaporkan dengan detail berapa banyak iPhone yang dijual untuk setiap jenis. Perusahaan masih menjual iPhone 4 dan 4S yang dikeluarkan dua tahun dan setahun yang lalu.

Beberapa investor masih optimis bahwa meski iPhone 5 terlalu mahal, pembeli akan bergeser ke seri terdahulu yang “cukup baik.” (AP/Peter Svensson)
Forum ini telah ditutup.
Komentar-komentar
     
Tidak ada komentar di forum ini. Jadi yang pertama dan pasang komentar Anda

Ikuti Kami

Video & Foto Terbaru

JavaScript Anda dimatikan atau Anda memiliki versi Adobe Flash Player yang lama. Dapatkan Flash Player terbaru.
Perlukah Dapil Luar Negeri? - Liputan Berita VOA 24 April 2014i
X
Yuni Salim
23.04.2014
Tahun lalu muncul wacana pembentukan daerah pilihan luar negeri, wacana ini dinilai sebagai cara untuk meningkatkan keikut sertaan warga dalam pemilu legislatif, apa pendapat warga Indonesia di Washington DC? Ikuti laporan tim VOA berikut ini.
Video

Video Perlukah Dapil Luar Negeri? - Liputan Berita VOA 24 April 2014

Tahun lalu muncul wacana pembentukan daerah pilihan luar negeri, wacana ini dinilai sebagai cara untuk meningkatkan keikut sertaan warga dalam pemilu legislatif, apa pendapat warga Indonesia di Washington DC? Ikuti laporan tim VOA berikut ini.
Video

Video Film TV Mengalahkan Film Layar Lebar - Liputan Feature VOA

Serial televisi di AS semakin berkembang sejak dua dekade terakhir. Pemilihan kisahnya, dialog yang apik dan aktor-aktris pemerannya, kerap mengalahkan film-film Hollywood. Kini, pilihannya pun semakin banyak, seperti serial terbaru dari saluran TV AMC, “Turn”. Selengkapnya dalam Liputan berikut.
Video

Video Kafe Khusus 'Board Games'

Di tengah maraknya beragam gadget, ada tren baru di Amerika yakin semakin banyak kaum muda yang berpaling ke permainan tradisional seperti board games. Hal ini membuat munculnya kafe yang khusus menawarkan aneka board games seperti yang dilakukan Kafe Gamehaus di Los Angeles.
Video

Video Desainer Fashion Gunakan Printer 3D - VOA untuk Dunia Tekno 24 April 2014

Printer tiga dimensi merambah dunia fashion, dengan para desainer berpaling pada teknologi baru ini untuk merancang busana. Teknologi ini memang berkembang pesat, dan boleh jadi suatu saat akan tersedia bagi semakin banyak orang. Selengkapnya berikut laporan reporter VOA Ade Astuti.
Video

Video Kilas VOA 24 April 2014

Ukraina membatalkan gencatan senjata dengan separatis pro Rusia di bagian Timur. Pejabat Australia menyelidiki potongan logam di pantai barat negara itu. Presiden Obama dan PM Jepang Shinzo Abe makan bersama di Sukibayashi Jiro. Lupito Nyong’O terpilih sebagai tokoh ‘most beautiful’ majalah people.
 Aktivitas di Facebook