Jumat, 31 Oktober 2014 Waktu UTC: 04:49

Berita / Dunia / Asia Pasifik

Mantan PM Jepang Sambut Dalai Lama di Tokyo

Mantan Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe, bergabung dengan sekitar 130 anggota parlemen menyambut Dalai Lama dalam sebuah pertemuan di Tokyo.

Pemimpin Spiritual Tibet, Dalai Lama (kanan) mengalungkan selendang putih khas Tibet untuk pemimpin partai Demokratik Liberal Jepang, Shinzo Abe di Tokyo (13/11).
Pemimpin Spiritual Tibet, Dalai Lama (kanan) mengalungkan selendang putih khas Tibet untuk pemimpin partai Demokratik Liberal Jepang, Shinzo Abe di Tokyo (13/11).
Orang yang mungkin menjadi perdana menteri berikutnya di Jepang bertemu dengan Dalai Lama Selasa (13/11) dan menyerukan kebebasan di Tibet, sehingga memicu protes langsung dari pemerintah Tiongkok.

Mantan perdana menteri Shinzo Abe, seorang nasionalis yang vokal telah kritis terhadap Beijing, bergabung dengan sekitar 130 anggota parlemen lainnya dalam menyambut pemimpin spiritual Tibet di pengasingan untuk sebuah pertemuan di Tokyo.

Berbicara pada pertemuan tersebut, Dalai Lama mengundang anggota parlemen Jepang untuk mengunjungi Tibet guna mengetahui alasan meningkatnya bakar diri oleh warga Tibet. Dia juga meminta pemerintah Tiongkok untuk melakukan penyelidikan yang cermat terkait protes terhadap kekuasaan Tiongkok.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok Hong Lei menanggapinya dengan mengecam Dalai Lama dan pemerintah Jepang, dan mengatakan keduanya mendorong kelompok-kelompok separatis dan ekstremis.
Forum ini telah ditutup.
Komentar-komentar
     
Tidak ada komentar di forum ini. Jadi yang pertama dan pasang komentar Anda

 

 

Ikuti Kami

 Aktivitas di Facebook