Tautan-tautan Akses

4 Ledakan Bom Tewaskan 110 Orang Lebih di Pakistan


Polisi dan warga berdatangan di lokasi, pasca ledakan bom di pasar Quetta, Pakistan hari Kamis (10/1).
Polisi dan warga berdatangan di lokasi, pasca ledakan bom di pasar Quetta, Pakistan hari Kamis (10/1).

Empat pemboman terpisah menewaskan lebih dari 110 orang dan melukai hampir 250 lainnya di hampir seluruh pelosok Pakistan hari Kamis, termasuk 92 orang tewas di Quetta.

Polisi di ibukota provinsi Baluchistan mengatakan seorang pembom bunuh diri meledakkan dirinya di dalam aula biliar yang padat, disusul oleh pembom kedua di tempat sama beberapa menit kemudian.

Ledakan kembar itu menewaskan 81 orang, termasuk polisi dan petugas SAR. Polisi mengatakan sebagian besar kematian terjadi setelah ledakan kedua menyebabkan atap gedung itu runtuh.

Serangan di aula biliar itu terjadi hanya beberapa jam setelah ledakan bom di pasar Quetta menewaskan 11 orang. Pihak berwenang mengatakan prajurit paramiliter mungkin menjadi target serangan itu.

Lashkar-e-Jhangive, kelompok militan Sunni terlarang, mengontak media lokal, untuk menyatakan mereka bertanggung jawab.

Baluchistan dalam beberapa dekade telah menghadapi pemberontakan separatis, mitansi Islamis, dan kekerasan sektarian.

Di tempat lain di Pakistan hari Kamis, sedikitnya 21 orang tewas dan lebih dari 70 lagi luka-luka dalam pemboman di kota Mingora, dimana massa berkumpul untuk mendengarkan pidato seorang pemimpin agama. Mingora adalah kota terbesar di provinsi Swat, Pakistan barat laut.

Belum ada yang mengaku bertanggung jawab atas serangan ini.

Recommended

XS
SM
MD
LG