Rabu, 22 Oktober 2014 Waktu UTC: 12:13

Berita / AS

Laporan AS Soroti Ancaman Peretasan terhadap Perekonomian

Para pejabat Amerika menyatakan laporan pemerintah baru merinci ancaman yang ditimbulkan para peretas (hacker) terhadap ekonomi AS yang diperkirakan merugikan puluhan miliar dolar per tahun.

Salah satu situs pemerintah AS yang diserang peretas yang menamakan diri mereka "Anonymous" pasca tewasnya Aaron Swartz, seorang aktivis Internet yang bunuh diri tanggal 26 Januari 2013 (Foto: dok).
Salah satu situs pemerintah AS yang diserang peretas yang menamakan diri mereka "Anonymous" pasca tewasnya Aaron Swartz, seorang aktivis Internet yang bunuh diri tanggal 26 Januari 2013 (Foto: dok).
Tiongkok disebutkan sebagai negara pemain utama yang melancarkan serangan di dunia maya itu.

Para pejabat menguraikan Perkiraan Intelijen Nasional rahasia kepada media Amerika, termasuk harian Washington Post, yang Minggu malam menyatakan para peretas menarget sektor energi, keuangan, teknologi informasi, dirgantara dan otomotif.

Beberapa perkiraan menilai ekonomi Amerika merugi puluhan miliar dolar setiap tahun akibat serangan tersebut. Tetapi karena sebagian perusahaan enggan melaporkan sewaktu mereka diretas, kerugian sesungguhnya tidak diketahui.

Brad Glosserman, direktur eksekutif lembaga kajian berbasis di Hawaii, Pacific Forum, mengatakan kepada VOA bahwa sukar mengidentifikasi sumber-sumber spionase internet yang sesungguhnya, dan bahwa banyak sektor yang rawan serangan.

Gedung Putih sedang mempertimbangkan cara menghadapinya, dengan beberapa opsi termasuk kemungkinan tindakan di bidang perdagangan dan pembatasan visa.

Washington Post menyebutkan Presiden Barack Obama diperkirakan akan mengeluarkan instruksi presiden mengenai keamanan internet pekan ini, untuk membantu sektor swasta melindungi diri dari upaya-upaya peretasan.
Forum ini telah ditutup.
Komentar-komentar
     
Tidak ada komentar di forum ini. Jadi yang pertama dan pasang komentar Anda

Ikuti Kami

 Aktivitas di Facebook