Senin, 28 Juli 2014 Waktu UTC: 14:22

Berita / Dunia / Asia Pasifik

Korea Utara Siap Lakukan Uji Coba Nuklir

Lembaga penelitian AS yang khusus menganalisis Korea Utara mengatakan tempat peluncuran nuklir negara itu dalam kondisi sangat siap untuk melakukan uji coba nuklir lagi.

Foto satelit menunjukkan fasilitas nuklir Korea Utara Punggye-ri telah siap untuk melakukan uji coba nuklir (foto: 4 Januari 2013).
Foto satelit menunjukkan fasilitas nuklir Korea Utara Punggye-ri telah siap untuk melakukan uji coba nuklir (foto: 4 Januari 2013).

Artikel Terkait

Analis AS, Joel Wit, pendiri situs "38 North", mengatakan gambar satelit menunjukkan ujicoba semacam itu bisa dilakukan dalam beberapa minggu jika diperintahkan Pyongyang.

Wit mengatakan foto-foto satelit yang diambil tanggal 4 Januari itu juga menunjukkan banyak warga Korea Utara berbaris di dekat pintu masuk menuju terowongan ujicoba yang, katanya, mungkin penjaga bersenjata. Selain itu, ada banyak bus dan kendaraan lain di daerah itu, yang menurutnya tidak biasa pada musim dingin.

Korea Utara telah mengancam akan melakukan ujicoba nuklir ketiga dan melakukan peluncuran roket lebih banyak lagi sebagai pembalasan setelah Dewan Keamanan PBB pekan ini dengan suara bulat mengesahkan resolusi yang memperketat sanksi terhadap Pyongyang karena mengupayakan senjata nuklir.

Wit mengatakan kebijakan Amerika terhadap Korea Utara dalam empat tahun terakhir tidak menghasilkan apapun dan itu perlu dievaluasi kembali. Menurutnya, upaya diplomatik mungkin bisa membantu.
Forum ini telah ditutup.
Komentar-komentar
     
Tidak ada komentar di forum ini. Jadi yang pertama dan pasang komentar Anda

Ikuti Kami

 Aktivitas di Facebook