Senin, 22 Desember 2014 Waktu: 03:50

Berita / AS

Kesepakatan Dicapai dalam Sengketa Pelabuhan AS

Pihak berwenang mengatakan kesepakatan telah dicapai dalam sengketa pelabuhan di AS, sehingga mencegah pemogokan ribuan pekerja dermaga.

Suasana pelabuhan kontainer di Boston. (Foto: Dok)
Suasana pelabuhan kontainer di Boston. (Foto: Dok)
Seorang mediator badan federal Amerika mengatakan kesepakatan telah dicapai dalam sengketa pelabuhan, dan untuk sekarang ini hal tersebut mencegah pemogokan oleh ribuan pekerja dermaga di pelabuhan-pelabuhan utama Amerika.

Direktur Badan  Mediasi dan Konsiliasi Federal (FMCS), George Cohen, mengatakan isu pembayaran tambahan telah disetujui pada prinsipnya antara Aliansi Maritim Amerika dan Asosiasi Pekerja Dermaga Internasional, menunggu pencapaian kesepakatan tawar-menawar kolektif secara menyeluruh.

Cohen mengatakan isu-isu signifikan masih ada tapi ia "optimis" isu-isu tersebut dapat diselesaikan dalam periode perpanjangan waktu 30 hari yang telah disepakati oleh semua pihak, yang berakhir tengah malam pada 28 Januari.

Para pekerja dermaga mengancam untuk mogok mulai Minggu lalu, yang akan sangat menganggu lalu lintas dari pelabuhan-pelabuhan Amerika di Teluk Meksiko dan di Pantai Timur.

Para pekerja dermaga yang terampil itu menangani peralatan teknologi tinggi yang memindahkan kontainer kargo dengan cepat antar kapal-kapal dan kereta api atau truk-truk.

Pihak manajer mengatakan para pekerja itu mendapat upah lumayan besar, dan seharusnya tidak lagi menerima upah tambahan berdasarkan berat kargo yang mereka tangani. Pembayaran semacam itu dimulai bertahun-tahun lalu sebagai cara memberi kompensasi kepada pekerja dermaga karena tugas dan jam kerja mereka banyak dikurangi ketika operasi pelabuhan-pelabuhan menjadi hampir semuanya berjalan otomatis.
Forum ini telah ditutup.
Komentar-komentar
     
Tidak ada komentar di forum ini. Jadi yang pertama dan pasang komentar Anda

 

 

Ikuti Kami

 Aktivitas di Facebook