Tautan-tautan Akses

Kelompok Penyensor Rusia Minta Bantuan China Kendalikan Internet


Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu menyampaikan sambutan dalam Konferensi Keamanan Internasional di Moskow, Rusia (27/4).
Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu menyampaikan sambutan dalam Konferensi Keamanan Internasional di Moskow, Rusia (27/4).

Pemimpin keamanan dunia maya dan kebijakan Internet China, Lu Wei, mengatakan kebebasan online bukanlah sebuah hak, melainkan tanggung jawab yang harus dikendalikan karena bisa mengarah ke terorisme.

Penguasa Rusia berusaha meraih kendali lebih besar atas informasi di Internet, dan beberapa ingin memperketat Internet seperti China.

Liga Internet yang Aman dari Rusia, sebuah lobi berpengaruh, menyelenggarakan sebuah forum Rabu di Moskow, dihadiri penyensor Intenet top dari China, termasuk Fang Binxing, yang dijuluki “Bapak Firewall Besar dari China.”

Komentar dari pembicara pada forum ini menggarisbawahi keinginan dari penguasa untuk membatasi dan mengendalikan informasi di Internet.

Fang memberi kuliah tentang “kedaulatan dunia maya,” dan katanya, perbatasan juga berlaku di dunia maya dan “campur tangan” asing tidak boleh ditolerir.

Pemimpin keamanan dunia maya dan kebijakan Internet China, Lu Wei, mengatakan kebebasan online bukanlah sebuah hak, melainkan tanggung jawab yang harus dikendalikan karena bisa mengarah ke terorisme, demikian tweet dari reporter Financial Times. Lu meniru retorika Kremlin, katanya media Barat sedang melakukan “perang informasi” terhadap China dan Rusia.

Baik pembicara China maupun Rusia menyinggung dominasi bisnis Amerika di Internet. Konstantin Malofeev adalah ketua dari Liga Internet yang Aman, dan punya hubungan baik dengan Kremlin maupun pembrontak yang didukung Rusia di Ukraina timur. Katanya, Rusia harus belajar dari praktik sensor Internet China dan menegakkan kedaulatannya atas Internet.

Pakar Internet Rusia mengatakan, penyelenggaraan forum ini serta tamu-tamunya yang terkemuka ini memperagakan sebuah urgensi dalam upaya Kremlin untuk mengendalikan informasi menjelang pemilihan parlemen tahun ini dan pemilihan presiden pada 2018. [jm]

Recommended

XS
SM
MD
LG