Sabtu, 25 Oktober 2014 Waktu UTC: 01:27

Berita / Dunia / Asia Pasifik

Kecelakaan pada Festival Gangga di India Tewaskan Lebih dari 30 Orang

Sedikitnya 36 orang tewas karena terinjak-injak dalam kepanikan menyusul rubuhnya jembatan di India utara, tempat warga merayakan festival keagamaan.

Ribuan warga India menunggu kereta api yang akan membawa mereka pulang dari festival Maha Kumbh Mela di Allahabad, India (10/2). (AP/Saurabh Das)
Ribuan warga India menunggu kereta api yang akan membawa mereka pulang dari festival Maha Kumbh Mela di Allahabad, India (10/2). (AP/Saurabh Das)

Multimedia

Pejabat-pejabat India mengatakan setidaknya 36 orang tewas akibat terinjak-injak Minggu (10/2) ketika peziarah hendak pulang setelah festival yang menarik jutaan orang di kota Allahabad, India utara.

Pihak berwenang mengatakan kepanikan terjadi setelah jembatan di stasiun kereta api kota itu runtuh akibat kelebihan beban peziarah yang menggunakan kereta api. Sejumlah saksi mata menuduh polisi menggunakan pentungan memukuli massa sebelum kepanikan terjadi.

Para pejabat memperkirakan puluhan orang luka-luka dalam insiden itu.

Lebih dari 30 juta orang berkumpul untuk mandi di muara tempat bertemunya Sungai Gangga dan Sungai Yamuna di India. Ini adalah hari yang dianggap paling membawa keberuntungan dalam festival Hindu, Maha Kumbh Mela, yang diadakan setiap 12 tahun.

Penganut Hindu percaya ritual mandi di sungai-sungai keramat itu akan membersihkan mereka dari dosa dan membebaskan mereka dari siklus reinkarnasi.

Sekitar 100 juta peziarah diperkirakan ikut mandi ke sungai-sungai itu dalam festival selama 55 hari yang dimulai bulan lalu. Festival itu diyakini sudah dimulai sejak 2.000 tahun lalu. Festival di Allahabad dipercaya sebagai yang paling suci dan paling banyak menarik massa.
Forum ini telah ditutup.
Komentar-komentar
     
Tidak ada komentar di forum ini. Jadi yang pertama dan pasang komentar Anda

Ikuti Kami

 Aktivitas di Facebook