Senin, 22 Desember 2014 Waktu: 06:10

Berita / Dunia / Asia Pasifik

Kebakaran Australia Berkobar di Tengah Suhu Panas

Kebakaran berkobar di bagian tenggara Australia di tengah suhu musim panas yang tinggi, namun tidak ada korban tewas.

Puing-puing rumah yang terbakar di Dunalley, sebelah timur Hobart, Australia (5/1).
Puing-puing rumah yang terbakar di Dunalley, sebelah timur Hobart, Australia (5/1).
Petugas di bagian tenggara Australia berupaya memadamkan kebakaran yang menyebar di wilayah tersebut Selasa (8/1), seiring evakuasi taman nasional oleh pihak berwenang, yang mengingatkan bahwa suhu tinggi dan angin kencang telah mengakibatkan bencana di beberapa daerah.

Tidak ada korban tewas yang dilaporkan, meski pihak berwenang di Tasmania masih mencoba mencari sekitar 100 warga yang hilang sejak kebakaran terjadi di kota kecil Dunalley, bagian timur ibukota Hobart minggu lalu, menghancurkan sekitar 90 rumah.
Polisi mengatakan tidak ada jenazah yang ditemukan dalam pemeriksaan awal puing-puing rumah.

Kebakaran hutan tanpa terkendali terus melanda bagian tenggara Australia hari Selasa (8/1), dan pihak berwenang memperingatkan akan kondisi “bencana besar” di beberapa daerah.

Para pejabat mengatakan lebih dari 130 kebakaran terjadi di negara bagian New South Wales yang padat penduduknya, dimana suhu mencapai 45 derajat Celsius dan hembusan angin mencapai kecepatan lebih dari 100 kilometer per jam.

Tidak ada korban tewas dilaporkan, tetapi para pejabat memperingatkan hari Selasa bahwa kondisi telah mencapai tingkat “bencana besar”, yang berarti kebakaran akan tidak dapat dikendalikan dan bergerak cepat, dan evakuasi adalah satu-satunya pilihan yang aman.

Kebakaran menghancurkan 20.000 hektar hutan dan tanah pertanian di Tasmania selatan sejak Jumat. Di New South Wales, negara bagian terpadat di Australia, api membakar lebih dari 26.000 hektar lahan.

Lebih dari 130 kebakaran berkobar di New South Wales, meski hanya beberapa lusin rumah yang terancam. Angin kencang menghambat upaya untuk mengendalikan api. Angin bertiup lebih dari 100 kilometer per jam di beberapa tempat di negara bagian tersebut.

Semua hutan dan taman nasional ditutup sebagai kewaspadaan dan larangan penggunaan api diberlakukan seiring suhu yang melewati 45 derajat Celsius di beberapa wilayah.

Seorang sukarelawan pemadam kebakaran menderita luka bakar parah di tangan dan wajah saat melawan kebakaran padang rumput di desa Gundaroo, sekitar 220 kilometer sebelah barat daya Sydney, Senin. Kondisinya diberitakan membaik Selasa, dan diharapkan keluar rumah sakit dalam beberapa hari ke depan.

Kebakaran liar umum terjadi pada musim panas di Australia. Pada Februari 2009, ratusan kebakaran di negara bagian Victoria menewaskan 173 orang dan merusak lebih dari 2.000 rumah. (AP)
Forum ini telah ditutup.
Komentar-komentar
     
Tidak ada komentar di forum ini. Jadi yang pertama dan pasang komentar Anda

 

 

Ikuti Kami

 Aktivitas di Facebook