Tautan-tautan Akses

Kapal-Kapal Angkatan Laut AS Ditolak Berlabuh di Hong Kong


Kapal induk Angkatan Laut Amerika USS John C. Stennis CVN-74 (Foto: dok).
Kapal induk Angkatan Laut Amerika USS John C. Stennis CVN-74 (Foto: dok).

China mengirim pernyataan kepada Reuters yang mengatakan kunjungan kapal-kapal dan pesawat militer Amerika ke Hong Kong selama ini disetujui berdasarkan kasus-per-kasus sesuai dengan prinsip kedaulatan dan keadaan tertentu.”

China menolak izin berlabuh bagi kapal induk Angkatan Laut Amerika di Hong Kong. Pentagon mengatakan hari Jumat (29/4) USS Stennis dan kapal-kapal yang mendampinginya ditolak memasuki pelabuhan.

Alasan penolakan akses ke pelabuhan tidak jelas. China mengirim pernyataan kepada Reuters yang mengatakan kunjungan kapal-kapal dan pesawat militer Amerika ke Hong Kong selama ini disetujui berdasarkan kasus-per-kasus sesuai dengan prinsip kedaulatan dan keadaan tertentu.”

Namun, penolakan oleh China akses ke pelabuhan terjadi setelah Menteri Pertahanan Amerika Ash Carter berada di kapal induk Stennis sebelumnya bulan ini dan berlayar ke Laut China Selatan dimana China mengklaim daerah-daerah yang juga diklaim oleh negara-negara lain.

Penolakan akses itu adalah pertama kalinya sejak tahun 2014 kapal angkatan laut Amerika tidak diizinkan masuk ke pelabuhan Hong Kong.

USS Blue Ridge, sebuah kapal angkatan laut Amerika, saat ini berlabuh di Hong Kong.

Seorang jurubicara Pentagon mengatakan “Kami selama ini diperbolehkan singgah di pelabuhan Hong Kong, termasuk kunjungan saat ini kapal USS Blue Ridge, dan kami memperkirakan itu akan diteruskan.”

New York Times melaporkan bahwa banyak anggota keluarga awak Stennis dan kapal-kapal lain telah berencana melakukan perjalanan untuk bertemu dengan para anggota angkatan laut itu di Hong Kong. [gp]

XS
SM
MD
LG