Jumat, 19 Desember 2014 Waktu: 04:40

Berita / Dunia / Asia Pasifik

Jepang Bebaskan Kapal Pencari Ikan Tiongkok

Kapal Tiongkok itu ditahan karena melakukan penangkapan ikan ilegal di barat daya kepulauan Senkaku yang diklaim oleh kedua negara.

Kapal penjaga Pantai Jepang (kiri) mencegat kapal pencari ikan Tiongkok yang memasuki wilayah perairan dekat kepulauan Senkaku, Sabtu (2/2).
Kapal penjaga Pantai Jepang (kiri) mencegat kapal pencari ikan Tiongkok yang memasuki wilayah perairan dekat kepulauan Senkaku, Sabtu (2/2).
Pengawal Pantai Jepang telah membebaskan kapten dan awak sebuah kapal Tiongkok yang ditahan karena melakukan penangkapan ikan ilegal di barat daya kepulauan yang diklaim oleh kedua negara.

Pejabat Pengawal Pantai Yasuhiko Oku mengatakan kapten dan 12 awak kapal seberat 100 ton itu dibebaskan hari Minggu setelah Konsulat Tiongkok di Fukuoka menjamin pembayaran uang jaminan sebesar $44.000.

Oku mengatakan bahwa kapten kapal itu mengakui ia berada dalam perairan ekonomi ekslusif Jepang dekat Pulau Miyako hari Sabtu.

Insiden itu terjadi kira-kira 200 kilometer di sebelah barat daya kepulauan yang dikuasai Jepang, yang disebut Senkaku di Jepang dan Diaoyu di Tiongkok. Kepulauan itu telah menjadi pangkal perselisihan diplomatik antara kedua negara Asia yang bertetangga itu.
Forum ini telah ditutup.
Komentar-komentar
     
Tidak ada komentar di forum ini. Jadi yang pertama dan pasang komentar Anda

 

 

Ikuti Kami

 Aktivitas di Facebook