Tautan-tautan Akses

Israel, Suriah Baku Tembak di Dataran Tinggi Golan


Sebuah tank Israel siaga di Dataran Tinggi Golan dekat perbatasan Suriah yang dikuasai Israel (13/11).
Sebuah tank Israel siaga di Dataran Tinggi Golan dekat perbatasan Suriah yang dikuasai Israel (13/11).

Tembakan meriam Israel diarahkan ke Suriah untuk membalas tembakan yang dilepaskan ke arah tentara Israel di dataran tinggi Golan.

Menurut jurubicara Israel, tidak jelas apakah ada korban di pihak Suriah, tapi yang pasti tidak ada tentara Israel yang cedera dalam insiden tadi.

Israel telah mengajukan keluhan kepada PBB tentang insiden penembakan itu yang terjadi beberapa kali dalam seminggu terakhir.

Pemerintah Perancis sementara itu telah mengundang kelompok koalisi Suriah yang baru untuk mengirim duta besarnya ke Paris. Perancis adalah negara barat pertama yang mengakui kelompok oposisi itu.

Presiden Perancis Francois Hollande kemarin bertemu dengan Maath al-Khatib, pemimpin koalisi anti Bashar al-Assad yang baru terpilih. Kata para pejabat, Monzer Makhous, seorang cendekiawan, mungkin akan ditunjuk menjadi Duta Besar oposisi yang pertama di Perancis. Tapi tidak jelas apakah penunjukan itu akan dilakukan sebelum terbentuknya pemerintah transisi di Suriah.

Konflik di Suriah yang telah berlangsung 20 bulan itu telah menewaskan sekitar 36,000 orang kebanyakan disebabkan penumpasan yang dilakukan oleh pemerintahan Bashar al-Assad atas kelompok yang ingin menggulingkannya.
XS
SM
MD
LG