Sabtu, 25 Oktober 2014 Waktu UTC: 11:10

Berita / Dunia / Timur Tengah

Iran Mungkin Izinkan Tim PBB Kunjungi Instalasi Militer Utama

Tim inspektur IAEA ingin mengunjungi Parchin, di tenggara Teheran, di mana Iran diduga melakukan pengujian komponen yang diperlukan untuk pengembangan senjata nuklir.

Foto satelit menunjukkan komplek militer utama Iran di Parchin yang diduga melakukan pengujian komponen bagi pengembangan senjata nuklir (foto: dok).
Foto satelit menunjukkan komplek militer utama Iran di Parchin yang diduga melakukan pengujian komponen bagi pengembangan senjata nuklir (foto: dok).
Kementerian Luar Negeri Iran Selasa menyuarakan prospek bahwa Teheran mungkin mengizinkan inspektur badan nuklir PBB untuk mengunjungi sebuah instalasi militer yang diduga menjadi lokasi percobaan nuklir negara itu.

Seorang juru bicara kementerian itu mengatakan pembicaraan mendatang dengan delegasi dari Badan Energi Atom Internasional dapat menjurus pada kunjungan ke lokasi itu, jika dicapai kesepakatan dengan pihak Iran.

Para inspektur IAEA dijadwalkan akan mengadakan pembicaraan di Teheran pada hari Rabu dengan harapan menghidupkan kembali penyelidikan terhadap program nuklir negara itu, yang dikhawatirkan Barat menjadi kedok untuk ambisi memperoleh senjata nuklir.

Badan itu khususnya ingin mengunjungi Parchin, di tenggara Teheran, di mana Iran diduga melakukan pengujian komponen yang diperlukan untuk mengembangkan senjata nuklir. Iran membantah kegiatan tersebut dan bersikeras bahwa Parchin hanya sebuah lokasi militer biasa.
Forum ini telah ditutup.
Komentar-komentar
     
Tidak ada komentar di forum ini. Jadi yang pertama dan pasang komentar Anda

Ikuti Kami

 Aktivitas di Facebook