Rabu, 01 Oktober 2014 Waktu UTC: 08:12

Iran Hukum Gantung Seorang Perempuan Penyelundup Narkoba

Teheran pada mulanya menangkap Zahra Bahrami karena ikut bagian dalam protes anti-pemerintah tahun 2009.

Pemerintah Iran dikecam organisasi HAM karena sering melakukan eksekusi, terutama dengan hukuman gantung (foto dokumentasi).
Pemerintah Iran dikecam organisasi HAM karena sering melakukan eksekusi, terutama dengan hukuman gantung (foto dokumentasi).

Teheran  hari Sabtu menghukum gantung seorang perempuan Iran keturunan Belanda atas dakwaan menyelundupkan kokaine ke negeri itu. Teheran pada mulanya menangkap Zahra Bahrami karena ikut bagian dalam protes anti-pemerintah tahun 2009.

Kantor berita Reuters mengatakan anak perempuan Bahrami kepada kelompok hak asasi mengatakan tuduhan-tuduhan terkait narkotika dikarang belakangan  setelah ibunya ditangkap karena terlibat dalam aksi demonstrasi itu.

Dua minggu lalu, media pemerintah Iran melaporkan bahwa Iran telah menghukum gantung 10 orang yang terlibat penyelundupan narkoba, sementara sebuah kelompok HAM mengatakan jumlah eksekusi di Iran pada tahun ini telah mencapai 57 orang.

Media pemerintah itu mengatakan, orang-orang terkutuk itu dieksekusi di penjara di kota Karaj, di sebelah Barat Teheran. Mereka dinyatakan bersalah melakukan penyelundupan, penjualan dan penimbunan narkotika.

International Campaign for Human Rights, sebuah kelompok  HAM yang berkantor pusat di Amerika mengatakan, pemerintah Iran  melakukan eksekusi secara berlebihan.  Kelompok itu mengatakan, angka eksekusi kemungkinan lebih besar karena adanya  eksekusi-eksusi yang tidak dilaporkan.

Forum ini telah ditutup.
Komentar-komentar
     
Tidak ada komentar di forum ini. Jadi yang pertama dan pasang komentar Anda