Jumat, 22 Agustus 2014 Waktu UTC: 11:45

Berita / Olahraga

IOC Bahas Dampak Skandal Doping Atlit Balap Sepeda Lance Armstrong

Pebalap sepeda Italia Ivan Basso membayar 94 ribu dolar Amerika untuk setahun pada tahun 2005 untuk mendapatkan doping yang ditawarkan Dr Eufemiano Fuentes.

Komite Olimpiade masih terus membahas skandal doping yang dilakukan pebalap sepeda Lance Armstrong di Olimpiade Sydney tahun 2000 (foto: dok).
Komite Olimpiade masih terus membahas skandal doping yang dilakukan pebalap sepeda Lance Armstrong di Olimpiade Sydney tahun 2000 (foto: dok).
Dalam penyelidikan doping oleh atlit-atlit balap speda, pembalap speda Italia, Ivan Basso mengatakan kepada hakim Julia Santamaria bahwa ia membayar dokter di Operation Puerto  pengobatan yang membikinnya yakin bisa memenangkan balapan speda Tour de France.

Menurut Basso, ia menyetujui pengobatan  komplek yang ditawarkan Dr Eufemiano Fuentes dengan beaya 94 ribu dolar Amerika untuk setahun pada tahun 2005 meskipun ia menyadari penuh perbuatannya itu menyalahi aturan. Mula-mula ia membayar 20 ribu dolar tunai kepada Fuentes, namun pengobatan tersebut tidak selesai akibat terganggu oleh pemeriksaan polisi.

Mantan atlit balap speda Jerman, Joerg Jaskche juga menjelaskan bahwa Fuentes mengambil darah dari dirinya dan kemudian memberi transfusi darah padanya bersama obat-obat lain penunjang prestasi sampai 15 kali dalam rentang tahun 2005-2006.

Sementara itu, komite Olimpiade Internasional (IOC) pekan ini bersidang di Lausanne, Swiss, membicarakan  cabang olahraga apa yang perlu dicabut dari olimpiade dan bagaimana menanggapi dampak dari skandal doping atlit balap sepeda Amerika, Lance Armstrong.

Dalam sidang Dewan Eksekutif dua hari mulai Selasa akan dibahas persiapan Olimpiade Musim Dingin di Sochi yang kurang dari setahun lagi, Olimpiade Musim Panas 2016 di Rio de Janeiro, dan finalis untuk menyelenggarakan Olimpiade Pemuda 2018.

Di antara cabang olahraga yang paling rentan bisa dihapus dari olimpiade adalah pentathlon moderen yang sudah dipertandingkan sejak Olimpiade Stockholm 1912. Pentathlon  adalah gabungan anggar, naik kuda, renang, lari dan menembak. Seni bela diri asal Korea,Taekwondo yang dipertandingan sejak tahun 2000 juga disebut-sebut terancam.

Begitu pula nasib cabang olahraga seperti gulat, bulutangkis dan tenis-meja. Yang terakhir dihapus IOC dari olimpiade adalah baseball dan softball dan sudah tidak ada sejak Olimpiade Beijing. Ikut dipertandingkan dalam Olimpiade Rio de Janeiro 2016 nanti adalah golf dan rugby.

Baseball dan softball akan berusaha diikutkan lagi dalam olimpiade 2020 bersaing dengan karate, squash, olahraga luncur, panjat tebing, wakeboarding dan wushu.

Dewan Eksekutif  IOC akan bersidang di St Petersburg, Russia untuk memutuskan cabang olahraga mana yang akan dimasukkan dalam olimpiade 2020. Putusan terakhir akan diambil dalam sidang IOC di Buenos Aires, Argentina bulan September.
Forum ini telah ditutup.
Komentar-komentar
     
Tidak ada komentar di forum ini. Jadi yang pertama dan pasang komentar Anda

Ikuti Kami

 Aktivitas di Facebook