Sabtu, 25 Oktober 2014 Waktu UTC: 17:30

Berita / Iptek / Teknologi

IBM Identifikasi 5 Inovasi yang Bisa Ubah Dunia 5 Tahun ke Depan

Tiap tahun, perusahaan IBM memprediksi masa depan terkait teknologi baru dan mengidentifikasi lima inovasi yang diyakini akan mengubah dunia dalam lima tahun ke depan.

Mark Lucente, peneliti IBM, menggunakan layar monitor besar menunjukkan komputer percobaan yang menggunakan teknologi yang kelak bisa mendengar suara dan menganalisisnya, serta mampu mencium (foto: Dok).
Mark Lucente, peneliti IBM, menggunakan layar monitor besar menunjukkan komputer percobaan yang menggunakan teknologi yang kelak bisa mendengar suara dan menganalisisnya, serta mampu mencium (foto: Dok).
Faiza Elmasry
Daftar tahunan perusahaan teknologi itu, disebut "Five in Five" atau "Lima dalam Lima", selama ini dipusatkan antara lain pada perubahan dalam ponsel, pemindaian tiga dimensi, sistem transportasi, dan teknologi energi. Tahun ini, daftar IBM menjelaskan beberapa perangkat pintar masa depan yang akan semakin mempermudah kegiatan kita.

Bayangkan ketika kita sedang berbelanja pakaian online, tangan kita bisa menyentuh layar monitor atau smartphone untuk merasakan tekstur bermacam bahan pakaian. Teknologi simulasi semacam itu bisa tersedia dalam lima tahun ke depan, menurut Wakil Presiden IBM Bernie Meyerson. Ia memaparkan, “Kami akan menyempurnakan ulang cara kerja komputer supaya kita bisa berinteraksi dengan komputer sebagai manusia."

Menyentuh hanya salah satu yang akan bisa kita lakukan berkat bantuan komputer. Mesin cerdas kelak bisa mendengar suara dan menganalisisnya. Misalnya, kata Meyerson, sistem pengenalan suara akan memberitahu orangtua yang baru punya anak mengapa bayi mereka menangis. "Dari suara bayi, dengan frekuensi tertentu, bisa dibedakan apakah dia sakit atau hanya merasa kesepian. Hal-hal ini belum mungkin sekarang, tetapi dengan sistem cukup canggih ini, hal itu sebenarnya mungkin," paparnya lagi.

Dalam waktu dekat, komputer pribadi akan mampu lebih dari sekadar mengenali wajah dan data visual. Kamera yang ada juga akan mampu menganalisis fitur seperti warna, dan mengerti konteks serta makna gambar, misalnya tahu cara memilah foto-foto keluarga yang penting.

Mesin cerdas juga akan mampu mencium. Jika kita bersin ke  komputer atau ponsel, sensor kecil yang tertanam dalam mesin akan menganalisis ribuan molekul dalam napas kita.

Meyerson menambahkan, "Mesin itu bisa mengingatkan, hey, kamu mungkin belum merasa sakit, tetapi sudah terjadi penularan. Kamu harus segera ke dokter'."

Ilmuwan IBM juga membuat sistem komputer yang mampu mencicipi makanan. Mesin ini bisa digunakan oleh koki untuk membuat resep-resep masakan lezat. Mesin akan meneliti bahan-bahan sampai tingkat molekul dan mencampur semua bahan untuk menciptakan rasa dan bau yang paling populer, bahkan sekaligus membantu kita menjaga berat badan.

Salah satu hal paling mengesankan dari daftar IBM itu, menurut guru besar ilmu komputer pada Universitas Georgetown Mark Maloof, adalah bagaimana perangkat pintar kecil menjadi begitu canggih:

Maloof berharap kemajuan yang diprediksi IBM akan mendorong lebih banyak siswa untuk belajar sains, teknologi, teknik dan matematika dan bersiap untuk berperan dalam inovasi masa depan.

Kemajuan teknologi komputer dalam lima tahun ke depan, kata Maloof, akan membuat apa yang kini tampak seperti fiksi ilmiah menjadi bagian kehidupan kita sehari-hari.
Forum ini telah ditutup.
Komentar-komentar
     
Tidak ada komentar di forum ini. Jadi yang pertama dan pasang komentar Anda

Ikuti Kami

 Aktivitas di Facebook