Kamis, 30 Oktober 2014 Waktu UTC: 18:14

Berita / Dunia / Afrika

Bintang Olimpiade Afsel Pistorius Bebas dengan Uang Jaminan

Hakim Afrika Selatan hari Jumat (22/2) akhirnya memutuskan untuk membebaskan bintang Olimpiade Oscar Pistorius dengan uang jaminan sebesar 112.000 dolar.

Bintang olimpiade Afsel, Oscar Pistorius berdiri dengan kepala menunduk sebelum dimulainya sidang di Pretoria, Jumat (22/2).
Bintang olimpiade Afsel, Oscar Pistorius berdiri dengan kepala menunduk sebelum dimulainya sidang di Pretoria, Jumat (22/2).
Bintang olah raga lari Olimpiade Afrika Selatan Oscar Pistorius telah dibebaskan dengan uang jaminan 1 juta rand atau sekitar 112.000 dolar, sementara dia mempersiapkan pembelaan atas dakwaan membunuh pacarnya.

Setelah berbicara selama hampir dua jam, dan dengan keras mengecam penyelidikan polisi di lokasi pembunuhan, Hakim Desmond Nair memutuskan Jumat bahwa Pistorius bisa bebas sampai persidangannya dimulai.

Hakim membaca keras-keras keputusannya selama hampir dua jam di pengadilan Pretoria. Ketika ia akhirnya mengumumkan putusannya, keluarga Pistorius memberi reaksi gembira ria.

 Pistorius dalam tahanan polisi sejak penembakan tanggal 14 Februari.

Setelah sidang, pamannya, Arnold Pistorius, memberitahu wartawan bahwa pihak keluarga merasa lega karena atlet itu telah dikenakan tahanan luar. 

Juru bicara keluarga Steenkamp, Nicolas Van Eden, mengatakan keluarga korban tidak tahu bagaimana perasaan mereka mengenai kasus tersebut.





Juru bicara Otoritas Kejaksaan Nasional Medupe Simasiku mengatakan negara tetap yakin dalam kasusnya terhadap Pistorius, biarpun setelah keputusan bebas dengan uang jaminan itu. Dia memberitahu wartawan bahwa bebas dengan uang jaminan bukan berarti vonis bebas.

Pistorius meninggalkan gedung pengadilan dengan mobil sports berwarna putih. Belum jelas kemana ia pergi.

Pihak berwenang telah memberitahunya untuk tidak kembali ke rumahnya, yang masih menjadi TKP.

 Sebagai bagian dari persyaratan bebas dengan jaminan itu, Pistorius harus menyerahkan paspor dan senjata apinya dan melapor kepada polisi dua kali seminggu.

 Sidang berikutnya ditetapkan tanggal Juni 4.

Kasus Pistorius mengalami perubahan yang tidak terduga  Kamis, ketika  penyidik utama dalam kasus itu, Hilton Botha, digantikan setelah terungkap bahwa ia kena tujuh dakwaan percobaan pembunuhan.

Pada sidang sebelumnya, kepala penuntut Gerrie Nel berargumentasi bahwa Pistorius merencanakan pembunuhan terhadap Reeva Steenkamp, model dan sarjana hukum berusia 29 tahun yang tertembak mati di rumah Pistorius tanggal 14 Februari.

Pistorius membantah tuduhan itu dengan mengatakan ia menembak Steenkamp setelah keliru menduga Steenkamp sebagai pencuri yang memasuki rumahnya pada tengah malam. Pengacaranya, Barry Roux, mengakui Pistorius akan menghadapi tuduhan pembunuhan, namun berusaha untuk meringankan tuduhan itu sebagai pembunuhan  tanpa sengaja.

Pengacara bintang olimpiade itu mengajukan pembebasan kliennya dengan uang jaminan. Mencoba menahan tangis, Pistorius yang duduk dengan kepala menunduk dan tangan gemetar ketika penuntut menyampaikan argumen penutup pada hari terakhir sidang penentuan uang jaminan di Pretoria.

Penuntut mengatakan Pistorius adalah pembunuh berdarah dingin dan beresiko melarikan diri jika diizinkan terbang. Namun, pembelanya mengatakan, Pistorius tidak mungkin meninggalkan negara itu karena ia orang yang sangat dikenal dan seharusnya dibebaskan.
Forum ini telah ditutup.
Komentar-komentar
     
Tidak ada komentar di forum ini. Jadi yang pertama dan pasang komentar Anda

 

 

Ikuti Kami

 Aktivitas di Facebook