Kamis, 23 Oktober 2014 Waktu UTC: 10:09

Gunung Sinabung Kembali Meletus untuk Ketiga Kalinya

Letusan hari Jumat dini hari itu dirasakan sampai sejauh 8 kilometer, menyemburkan abu dan asap hingga 3 ribu meter ke angkasa.

Gunung Sinabung di Sumatera Utara telah meletus lagi untuk ke-3 kalinya pekan ini, dan menyemburkan abu dan asap hingga 3 ribu meter ke angkasa.

Para pejabat urusan keadaan darurat mengatakan letusan sebelum subuh Gunung Sinabung itu dapat dirasakan sampai radius 8 kilometer. Getaran mengguncang keras rumah-rumah dan pepohonan di lerengnya dan membuat penduduk desa yang panik berlarian ke jalan-jalan.

Letusan hari Jumat itu adalah yang paling kuat sejak Gunung Sinabung meletus hari Minggu untuk pertama kalinya dalam 400 tahun, yang disusul oleh ledakan kedua hari Senin. Pihak berwenang mengungsikan lebih dari 20 ribu orang dari kawasan dalam radius 6 kilometer di lereng gunung berapi tersebut.

Tetapi, banyak penduduk desa kembali ke rumah mereka dari tempat-tempat penampungan darurat dalam beberapa hari ini, walaupun diperingatkan bahwa Sinabung masih aktif.

Pakar vulkanologi pemerintah, Surono, mengatakan kepada VOA, berdasarkan data terakhir, letusan-letusan skala besar Gunung Sinabung telah berakhir.

 

Forum ini telah ditutup.
Komentar-komentar
     
Tidak ada komentar di forum ini. Jadi yang pertama dan pasang komentar Anda