Tautan-tautan Akses

Gempa Dahsyat Guncang Guatemala, Meksiko Selatan


Rumah di kawasan San Marcos, Guatemala retak akibat gempa, Senin (7/7).
Rumah di kawasan San Marcos, Guatemala retak akibat gempa, Senin (7/7).

Gempa dahsyat 6,9 skala Richter mengguncang Guatemala dan Meksiko Selatan Senin (7/7), menewaskan sedikitnya 3 orang.

Gempa dahsyat mengguncang Guatemala dan Meksiko Selatan, menimbulkan keretakan di beberapa gedung, merobohkan puluhan rumah, memicu tanah longsor dan menewaskan sedikitnya tiga orang.

Badan Survey Geologi Amerika sebelumnya memperkirakan kekuatan gempa mencapai 7,1 tetapi kemudian menurunkan angka itu menjadi 6,9. Pusat gempa Senin pagi itu terletak sekitar 90 kilometer di bawah permukaan Pantai Pasifik, sekitar 8 kilometer timur laut Puerto Madero – Meksiko, di dekat perbatasan Guatemala.

Petugas pemadam kebakaran mengatakan sedikitnya dua orang tewas di kota San Marcos, Guatemala. Petugas-petugas pertahanan sipil di negara bagian Chiapas, Meksiko juga melaporkan seorang laki-laki tewas di Huixtla tertimpa dinding yang roboh.

Gempa itu terasa kuat di Chiapas dan Tabasco, sementara di Meksiko City gedung-gedung dan lampu lalu lintas dilaporkan bergoyang.

Kawasan San Marcos yang terletak di perbatasan Guatemala dihantam gempa berkekuatan 7,4 pada bulan November 2012 yang menewaskan 48 orang.

Recommended

XS
SM
MD
LG