Kamis, 24 April 2014 Waktu UTC: 07:08

Berita / Iptek / Teknologi

Facebook Perkenalkan Layanan Untuk Dongkrak Jaringan Donor Organ

Facebook meluncurkan satu layanan baru untuk mendukung program donor organ tubuh dan berharap layanan itu akan membantu menyelamatkan nyawa.

Pendiri dan pemimpin Facebook, Mark Zuckerberg (Foto: dok).
Pendiri dan pemimpin Facebook, Mark Zuckerberg (Foto: dok).
UKURAN HURUF - +
Situs jejaring sosial populer, Facebook, telah meluncurkan satu layanan baru yang memungkinkan para anggota di Amerika Serikat dan Inggris dengan resmi mendaftar sebagai donor organ tubuh dan menyatakan status mereka dalam halaman Facebook mereka. Media sosial raksasa itu mengatakan mereka berharap layanan baru itu akan membantu menyelamatkan nyawa.

Salah seorang pendiri yang juga pimpinan Facebook Mark Zuckerberg mengumumkan prakarsa itu hari Selasa, dengan mengatakan Facebook dan mitra-mitranya ingin mempermudah orang berhubungan dengan situs pendaftaran organ yang disetujui dan mendaftar sebagai donor.

Status donor pengguna Facebook dapat ditemukan bersama informasi riwayat hidup dalam bagian Kesehatan dan Kesejahteraan halaman mereka.  Zuckerberg mengatakan ia berharap orang akan melihat janji donor teman-teman Facebook mereka dan terdorong untuk turut mendaftar.

Zuckerberg mengatakan gagasan untuk memulai program sumbangan organ itu datang dari pacarnya, yang sedang kuliah untuk meraih gelar doktor. Ia juga menyebut hal lain yang turut mendorongnya, yaitu persahabatannya dengan mendiang pendiri Apple Steve Jobs, yang menerima cangkok hati yang menyambung nyawanya tahun 2009. Jobs meninggal dunia tahun lalu pada usia 56 tahun setelah lama menderita kanker pankreas.

Facebook mempunyai kira-kira 900 juta pengguna di seluruh dunia. Harian New York Times melaporkan Facebook berencana untuk menambahkan pelayanan pernyataan sebagai donor organ pada jaringannya di beberapa negara lain kemudian tahun ini.

Jutaan orang di dunia yang memiliki kondisi kesehatan yang mengancam nyawa sedang menunggu sumbangan organ, termasuk hampir 115 ribu orang di Amerika Serikat.
Forum ini telah ditutup.
Urutan Komentar
Komentar-komentar
     
oleh: Desmond dari: Bekasi
02.05.2012 15:00
Add ..


oleh: abraham dari: surabaya
02.05.2012 13:51
seandainya sy mau mendonorkan organku, ambilnya stlah sy meninggal atau msh hidup ? apakah si pendonor dapat santunan ?

Ikuti Kami

Video & Foto Terbaru

JavaScript Anda dimatikan atau Anda memiliki versi Adobe Flash Player yang lama. Dapatkan Flash Player terbaru.
Perlukah Dapil Luar Negeri? - Liputan Berita VOA 24 April 2014i
X
Yuni Salim
23.04.2014
Tahun lalu muncul wacana pembentukan daerah pilihan luar negeri, wacana ini dinilai sebagai cara untuk meningkatkan keikut sertaan warga dalam pemilu legislatif, apa pendapat warga Indonesia di Washington DC? Ikuti laporan tim VOA berikut ini.
Video

Video Perlukah Dapil Luar Negeri? - Liputan Berita VOA 24 April 2014

Tahun lalu muncul wacana pembentukan daerah pilihan luar negeri, wacana ini dinilai sebagai cara untuk meningkatkan keikut sertaan warga dalam pemilu legislatif, apa pendapat warga Indonesia di Washington DC? Ikuti laporan tim VOA berikut ini.
Video

Video Film TV Mengalahkan Film Layar Lebar - Liputan Feature VOA

Serial televisi di AS semakin berkembang sejak dua dekade terakhir. Pemilihan kisahnya, dialog yang apik dan aktor-aktris pemerannya, kerap mengalahkan film-film Hollywood. Kini, pilihannya pun semakin banyak, seperti serial terbaru dari saluran TV AMC, “Turn”. Selengkapnya dalam Liputan berikut.
Video

Video Kafe Khusus 'Board Games'

Di tengah maraknya beragam gadget, ada tren baru di Amerika yakin semakin banyak kaum muda yang berpaling ke permainan tradisional seperti board games. Hal ini membuat munculnya kafe yang khusus menawarkan aneka board games seperti yang dilakukan Kafe Gamehaus di Los Angeles.
Video

Video Desainer Fashion Gunakan Printer 3D - VOA untuk Dunia Tekno 24 April 2014

Printer tiga dimensi merambah dunia fashion, dengan para desainer berpaling pada teknologi baru ini untuk merancang busana. Teknologi ini memang berkembang pesat, dan boleh jadi suatu saat akan tersedia bagi semakin banyak orang. Selengkapnya berikut laporan reporter VOA Ade Astuti.
Video

Video Kilas VOA 24 April 2014

Ukraina membatalkan gencatan senjata dengan separatis pro Rusia di bagian Timur. Pejabat Australia menyelidiki potongan logam di pantai barat negara itu. Presiden Obama dan PM Jepang Shinzo Abe makan bersama di Sukibayashi Jiro. Lupito Nyong’O terpilih sebagai tokoh ‘most beautiful’ majalah people.
 Aktivitas di Facebook