Tautan-tautan Akses

Facebook Perkenalkan Layanan Untuk Dongkrak Jaringan Donor Organ


Pendiri dan pemimpin Facebook, Mark Zuckerberg (Foto: dok).
Pendiri dan pemimpin Facebook, Mark Zuckerberg (Foto: dok).

Facebook meluncurkan satu layanan baru untuk mendukung program donor organ tubuh dan berharap layanan itu akan membantu menyelamatkan nyawa.

Situs jejaring sosial populer, Facebook, telah meluncurkan satu layanan baru yang memungkinkan para anggota di Amerika Serikat dan Inggris dengan resmi mendaftar sebagai donor organ tubuh dan menyatakan status mereka dalam halaman Facebook mereka. Media sosial raksasa itu mengatakan mereka berharap layanan baru itu akan membantu menyelamatkan nyawa.

Salah seorang pendiri yang juga pimpinan Facebook Mark Zuckerberg mengumumkan prakarsa itu hari Selasa, dengan mengatakan Facebook dan mitra-mitranya ingin mempermudah orang berhubungan dengan situs pendaftaran organ yang disetujui dan mendaftar sebagai donor.

Status donor pengguna Facebook dapat ditemukan bersama informasi riwayat hidup dalam bagian Kesehatan dan Kesejahteraan halaman mereka. Zuckerberg mengatakan ia berharap orang akan melihat janji donor teman-teman Facebook mereka dan terdorong untuk turut mendaftar.

Zuckerberg mengatakan gagasan untuk memulai program sumbangan organ itu datang dari pacarnya, yang sedang kuliah untuk meraih gelar doktor. Ia juga menyebut hal lain yang turut mendorongnya, yaitu persahabatannya dengan mendiang pendiri Apple Steve Jobs, yang menerima cangkok hati yang menyambung nyawanya tahun 2009. Jobs meninggal dunia tahun lalu pada usia 56 tahun setelah lama menderita kanker pankreas.

Facebook mempunyai kira-kira 900 juta pengguna di seluruh dunia. Harian New York Times melaporkan Facebook berencana untuk menambahkan pelayanan pernyataan sebagai donor organ pada jaringannya di beberapa negara lain kemudian tahun ini.

Jutaan orang di dunia yang memiliki kondisi kesehatan yang mengancam nyawa sedang menunggu sumbangan organ, termasuk hampir 115 ribu orang di Amerika Serikat.
XS
SM
MD
LG