Senin, 21 April 2014 Waktu UTC: 12:11

Berita / Iptek / Teknologi

Facebook Perkenalkan Layanan Untuk Dongkrak Jaringan Donor Organ

Facebook meluncurkan satu layanan baru untuk mendukung program donor organ tubuh dan berharap layanan itu akan membantu menyelamatkan nyawa.

Pendiri dan pemimpin Facebook, Mark Zuckerberg (Foto: dok).
Pendiri dan pemimpin Facebook, Mark Zuckerberg (Foto: dok).
UKURAN HURUF - +
Situs jejaring sosial populer, Facebook, telah meluncurkan satu layanan baru yang memungkinkan para anggota di Amerika Serikat dan Inggris dengan resmi mendaftar sebagai donor organ tubuh dan menyatakan status mereka dalam halaman Facebook mereka. Media sosial raksasa itu mengatakan mereka berharap layanan baru itu akan membantu menyelamatkan nyawa.

Salah seorang pendiri yang juga pimpinan Facebook Mark Zuckerberg mengumumkan prakarsa itu hari Selasa, dengan mengatakan Facebook dan mitra-mitranya ingin mempermudah orang berhubungan dengan situs pendaftaran organ yang disetujui dan mendaftar sebagai donor.

Status donor pengguna Facebook dapat ditemukan bersama informasi riwayat hidup dalam bagian Kesehatan dan Kesejahteraan halaman mereka.  Zuckerberg mengatakan ia berharap orang akan melihat janji donor teman-teman Facebook mereka dan terdorong untuk turut mendaftar.

Zuckerberg mengatakan gagasan untuk memulai program sumbangan organ itu datang dari pacarnya, yang sedang kuliah untuk meraih gelar doktor. Ia juga menyebut hal lain yang turut mendorongnya, yaitu persahabatannya dengan mendiang pendiri Apple Steve Jobs, yang menerima cangkok hati yang menyambung nyawanya tahun 2009. Jobs meninggal dunia tahun lalu pada usia 56 tahun setelah lama menderita kanker pankreas.

Facebook mempunyai kira-kira 900 juta pengguna di seluruh dunia. Harian New York Times melaporkan Facebook berencana untuk menambahkan pelayanan pernyataan sebagai donor organ pada jaringannya di beberapa negara lain kemudian tahun ini.

Jutaan orang di dunia yang memiliki kondisi kesehatan yang mengancam nyawa sedang menunggu sumbangan organ, termasuk hampir 115 ribu orang di Amerika Serikat.
Forum ini telah ditutup.
Urutan Komentar
Komentar-komentar
     
oleh: Desmond dari: Bekasi
02.05.2012 15:00
Add ..


oleh: abraham dari: surabaya
02.05.2012 13:51
seandainya sy mau mendonorkan organku, ambilnya stlah sy meninggal atau msh hidup ? apakah si pendonor dapat santunan ?

Ikuti Kami

Video & Foto Terbaru

JavaScript Anda dimatikan atau Anda memiliki versi Adobe Flash Player yang lama. Dapatkan Flash Player terbaru.
Perempuan dan Politiki
X
Yuni Salim
21.04.2014
Di Amerika jumlah politikus perempuan masih jauh di bawah jumlah politikus laki-laki. Beberapa pengamat politik Amerika yang mengamati jalannya pileg bagi warga Indonesia di sekitar Washington DC, mengagumi kemajuan peran perempuan dalam kancah politik Indonesia.
Video

Video Perempuan dan Politik

Di Amerika jumlah politikus perempuan masih jauh di bawah jumlah politikus laki-laki. Beberapa pengamat politik Amerika yang mengamati jalannya pileg bagi warga Indonesia di sekitar Washington DC, mengagumi kemajuan peran perempuan dalam kancah politik Indonesia.
Video

Video Kilas 21 April 2014

Pencarian Korban Tenggelam Ferry Sewol Korsel, Teror Bom di Iraq, Misa Paskah Paus Fransiskus, Kunjungan Pangeran George ke Kebun Bintang Sydney.
Video

Video Sertifikasi Hijau bagi Hotel Ramah Lingkungan

Semakin banyak sektor usaha di AS menerapkan konsep ramah lingkungan pada produk maupun jasa yang ditawarkan. Misalnya sejumlah hotel di kawasan Los Angeles mengelola bisnis mereka dengan konsep hijau dan hal ini terbukti bermanfaat bagi kesehatan perusahaan maupun lingkungan.
Video

Video Bisnis Reparasi Sepatu di Amerika - Kampung Amerika

Imigran asal Lebanon, Steve Doudaklian, yang sejak kecil melihat bapaknya menekuni profesi reparasi sepatu, memilih meneruskan usaha orang tuanya dan berkarir di bidang ini. Simak "Kampung Amerika", yang disajikan dalam bahasa Jawa, dan ditayangkan di Stasiun JTV, Surabaya, Jawa Timur berikut ini.
Galeri Foto

Galeri Foto Umat Kristiani Seluruh Dunia Rayakan Paskah

Dari Ukraina sampai Irak dan Makedonia, umat Kristiani merayakan Paskah, Minggu (20/4), hari yang diyakini merupakan kebangkitan Yesus Kristus.
 Aktivitas di Facebook