Selasa, 23 Desember 2014 Waktu: 06:22

Berita / Dunia / Afrika

Ethiopia Perkenalkan Layanan Kesehatan via Telepon

Seorang dokter muda Ethiopia meluncurkan layanan ini dalam upaya meningkatkan akses ke perawatan kesehatan di seluruh wilayah negara itu.

Karsi Tadicha dan anak-anaknya di depan rumah mereka di desa Bule Duba,Ethiopia. Pertumbuhan penduduk yang pesat dan kurangnya fasilitas kesehatan, menjadikan  layanan kesehatan via telepon terobosan yang tepat (foto:dok).
Karsi Tadicha dan anak-anaknya di depan rumah mereka di desa Bule Duba,Ethiopia. Pertumbuhan penduduk yang pesat dan kurangnya fasilitas kesehatan, menjadikan layanan kesehatan via telepon terobosan yang tepat (foto:dok).
"HelloDoctor" adalah saluran telepon pertama untuk pelayanan kesehatan secara umum di  Ethiopia, dimana dengan mengambil sedikit pulsa dari kredit ponselnya,  seseorang dapat menerima saran kesehatan atau meminta pelayanan perawatan kesehatan di rumah.
 
Dr. Yohans Wodaje adalah seorang dokter muda Ethiopia yang mendirikan HelloDoctor. Dia mengatakan bahwa pelayanan kesehatan untuk penduduk Ethiopia pada umumnya  akan meningkat melalui layanan baru ini, karena tidak ada cukup dokter dan klinik kesehatan untuk seluruh penduduk.
 
"Meskipun terdapat perbaikan besar di Ethiopia dalam sepuluh tahun terakhir dalam jaminan kesehatan dalam upaya untuk menciptakan jaminan kesehatan universal untuk rakyat Ethiopia, tantangan yang dihadapi masih cukup besar. Kami memiliki sedikit tenaga trampil dan spesialis profesional, dan kami perlu menghubungkan teknologi dengan profesional- profesional itu untuk jangkauan layanan,"kata dr. Wodaje.
 
Memperoleh saran kesehatan melalui telepon telah dilakukan di Amerika, Kanada, Australia dan baru-baru ini juga di sejumlah negara di Amerika Latin dan Asia. Tantangan umum terkait cara  ini adalah apakah dokter dapat memberikan saran yang memadai tanpa bertemu pasien. Dr. Wodaje setuju bahwa konsultasi langsung lebih disukai. Tapi dia mengatakan bahwa hal ini tidak selalu realistis di Ethiopia.
 
"Kami memilih opsi berkonsultasi melalui telepon dalam situasi yang membutuhkan perjalanan jauh untuk mencapai fasilitas kesehatan atau harus antre lama untuk mendapatkan pelayanan kesehatan profesional. Juga, profesional yang dibutuhkan pasien mungkin tidak selalu memenuhi syarat,” ungkap dr. Wodaje.
 
Percakapan rata-rata berlangsung empat menit dengan biaya sekitar $ 2. Ini masih masih mahal untuk kebanyakan orang Ethiopia. Tapi kunjungan ke klinik termasuk biaya transportasi jika tinggal di luar kota, bisa mencapai $ 15.
 
Para dokter yang bekerja untuk layanan telepon medis  kebanyakan berusia antara 25 – 30 tahun. Ini akan menyediakan pekerjaan tambahan  untuk mereka, sesuatu yang disambut baik oleh pemerintah karena banyak dokter saat ini mengejar karir di luar negeri.
 
Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan bahwa paling sedikit harus ada satu dokter untuk setiap 10.000 warga. Ethiopia saat ini memiliki satu dokter untuk setiap 33.500 warga.
 
Tekanan pada layanan kesehatan di Ethiopia adalah karena pertumbuhan penduduk secara pesat, sekarang mencapai 85 juta. Juga penduduk di daerah pedesaan pada umumnya tidak memiliki akses ke layanan kesehatan dan 84 persen orang Ethiopia tinggal di wilayah pedesaan.
Forum ini telah ditutup.
Komentar-komentar
     
Tidak ada komentar di forum ini. Jadi yang pertama dan pasang komentar Anda

 

 

Ikuti Kami

 Aktivitas di Facebook