Kamis, 17 April 2014 Waktu UTC: 15:42

Berita / Iptek / Lingkungan Hidup

Pemanfaatan Energi Surya di Kota New York

Tanggal 22 April adalah Hari Bumi, perayaan lingkungan untuk meninjau kembali cara kita mengurangi polusi dan hidup lebih harmonis dengan alam, seperti yang dilakukan penduduk kota New York.

Tiruan bola dunia dalam rangka peringatan Hari Bumi. Penggunaan sumber daya hemat energi adalah satu cara mengurangi polusi (Foto: dok).
Tiruan bola dunia dalam rangka peringatan Hari Bumi. Penggunaan sumber daya hemat energi adalah satu cara mengurangi polusi (Foto: dok).
UKURAN HURUF - +
Kota New York yang kebutuhan energinya dipenuhi lewat penggabungan sumber listrik batubara, gas dan nuklir, sedang mengupayakan pemanfaatan sumber energi surya yang tidak terbatas dan bersih.

Kota New York, telah lama dikenal sebagai kota yang padat dan kotor. Tapi Walikota Michael Bloomberg mengatakan ia ingin kota ini dikenal karena nilai-nilai 'hijau'-nya dan semakin memperbesar sumber energi bersih, seperti tenaga surya.

Dalam konferensi pers pekan lalu, walikota Bloomberg mengumumkan instalasi panel-panel surya di sepuluh bangunan sebagai bagian dari program percontohan. Salah satu dari perusahaan yang turut berpartisipasi adalah pengelola properti River 2 River Realty yang memiliki beberapa properti mewah di Manhattan.

Presiden direktur perusahaan itu, Dan Neiditch memanfaatkan keringanan pajak negarabagian dan federal, serta pemotongan biaya untuk pemasangan panel-panel surya diatap gedung kondominium mewah setinggi 47 lantai di tengah kota Manhattan. Dan Neiditch mengatakan panel surya di gedung itu juga menarik para penyewa kalangan atas yang ingin tinggal dengan cara 'ramah lingkungan'.

Tidak semua instalasi panel surya harus dipasang di atas atap gedung. Carlos Berger dari Solaire Voltaic, sebuah perusahaan kecil energi alternatif di Brooklyn, New York, baru-baru ini melapisi tembok luar bangunan dengan lapisan panel sel-sel surya yang tipis. Lapisan panel itu dibuat dari bahan dasar silikon yang transparan.

Kecenderungan untuk memanfaatkan sumber energi surya semakin bertambah, kata Jack Hidary. Dia adalah pendiri Samba Energi, Perusahaan perangkat lunak dan layanan energi bersih yang berbasis di New York City.

Jack Hidary mengatakan data menunjukkan bahwa instalasi tenaga surya di Amerika telah meningkat sepuluh kali lipat sejak tahun 2009, dan harganya terus menurun karena teknologi semakin efisien dan teknik instalasinya terus berkembang. Dia mencatat bahwa sel-sel surya yang dipasang di rumah saudara laki-lakinya ternyata dapat mengumpulkan energi lebih banyak dari kebutuhan keluarga tersebut.
Forum ini telah ditutup.
Komentar-komentar
     
Tidak ada komentar di forum ini. Jadi yang pertama dan pasang komentar Anda

Ikuti Kami

 Aktivitas di Facebook