Tautan-tautan Akses

Pemerintah Republik Demokratik Kongo: Pasukan Pemerintah Kuasai Goma


Pemerintah Republik Demokratik Kongo (DRC) mengatakan pasukan DRC telah menguasai Goma, Senin (19/11).
Pemerintah Republik Demokratik Kongo (DRC) mengatakan pasukan DRC telah menguasai Goma, Senin (19/11).

Para pejabat di Republik Demokrasi Kongo (DRC) mengatakan pasukan pemerintah telah menguasai sepenuhnya kota Goma, DRC timur, Senin (19/11).

Jurubicara pejuang pemberontak M23 mengatakan hari Minggu (18/11) mereka hanya beberapa kilometer di luar kota itu, setelah memukul mundur penjaga perdamaian PBB dan pasukan pemerintah dalam pertempuran baru-baru ini.

Namun Menteri Penerangan DRC Lambert Mende mengatakan kepada VOA hari Senin (19/11) bahwa upaya pemberontak untuk merebut Goma telah gagal. Pertempuran tersebut telah memaksa ribuan penduduk di wilayah tersebut meninggalkan rumah mereka.

Mende juga telah menuduh negara tetangga Rwanda mendukung M23. Sebuah laporan PBB mengenakan tuduhan serupa terhadap Rwanda dan Uganda. Kedua negara telah dengan kuat membantah mereka mendukung pemberontak.

Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon dalam pernyataan hari Minggu mengutuk dimulainya lagi pertempuran oleh M23 dan menghimbau negara-negara terkait agar menggunakan pengaruh mereka terhadap pemberontak untuk menghentikan pertempuran itu.

Recommended

XS
SM
MD
LG