Selasa, 24 Mei 2016 Waktu: 13:02

    Berita / AS

    Demokrat Desak Obama Pertimbangkan Kenaikan Utang secara Sepihak

    Kelompok Partai Demokrat di Kongres AS mendesak Presiden Obama agar bertindak secara sepihak jika kubu Partai Republik bersikeras menghambat penambahan utang pemerintah.

    Ketua partai Demokrat di Senat AS Harry Reid (tengah) mendesak Presiden Obama menggunakan hak prerogatif menaikkan pagu utang, agar AS menghindari krisis ekonomi global (foto: dok).
    Ketua partai Demokrat di Senat AS Harry Reid (tengah) mendesak Presiden Obama menggunakan hak prerogatif menaikkan pagu utang, agar AS menghindari krisis ekonomi global (foto: dok).
    Pimpinan teras partai Demokrat Amerika di Senat mendesak Presiden Barack Obama agar mempertimbangkan langkah-langkah yang bisa menghindari kebutuhan persetujuan Kongres untuk memastikan negara itu tidak gagal membayar utangnya.

    Ketua partai Demokrat di Senat Harry Reid dan pimpinan Demokrat lainnya mengatakan dalam sepucuk surat kepada presiden bahwa Obama harus menggunakan “setiap langkah hukum” sesuai wewenangnya untuk memastikan bahwa Amerika tidak mengingkari kewajibannya dan memicu krisis ekonomi global.

    Mereka mendesak presiden agar bertindak secara sepihak jika kubu Partai Republik bersikeras mengenai penambahan utang secara terbatas yang disertai dengan pengurangan belanja yang tidak masuk akal.

    Sebagian analis dan Demokrat menyatakan Amandemen ke-14 Konstitusi Amerika memberi presiden wewenang untuk meningkatkan pagu utang 16.4 triliun dolar tanpa meminta persetujuan Kongres. Amandemen itu menyatakan keabsahan utang pemerintah tidak boleh dipermasalahkan.

    Pemerintahan Obama pada masa lalu menyatakan tidak akan mengambil tindakan seperti itu.

    Lihat Juga

    Obama Akan Berpidato kepada Rakyat Vietnam

    Kelompok-kelompok HAM mengatakan Obama terlalu cepat untuk mengabaikan pelanggaran HAM dalam usahanya untuk menjalin hubungan yang lebih erat dengan Vietnam. Selengkapnya

    Cuaca Membaik, Jumlah Migran Laut Tengah Meningkat

    PBB mengatakan sejauh ini sudah lebih dari 30.000 migran, kebanyakan dari Sub-Sahara Afrika, telah diselamatkan dari Laut Tengah dan dibawa ke pusat penampungan pengungsi di Italia. Selengkapnya

    Turki Imbau Pemimpin Dunia Tanggung Beban Krisis Migran

    Kehadiran tiga juta migran di wilayahnya membuat Turki menampung jumlah terbesar pengungsi, bagian dari apa yang disebut oleh PBB krisis kemanusiaan terburuk sejak Perang Dunia II. Selengkapnya

    Forum ini telah ditutup.
    Komentar-komentar
         
    Tidak ada komentar di forum ini. Jadi yang pertama dan pasang komentar Anda

    Ikuti Kami