Tautan-tautan Akses

China Tindak Penggunaan Penari Erotis pada Acara Pemakaman


Sebuah tempat pemakaman umum di Hangzhou, Zhejiang, China (foto: ilustrasi).
Sebuah tempat pemakaman umum di Hangzhou, Zhejiang, China (foto: ilustrasi).

Penggunaan penari erotis diharapkan akan menarik banyak tamu, yang diyakini adalah bentuk penghormatan bagi mendiang.

China mulai menindak keras penggunaan penari erotis dan pentas hiburan yang kini populer pada acara pemakaman di banyak desa, kata departemen kebudayaan negara itu hari Kamis (23/4).

Departemen itu mengatakan akan memperketat kontrol terhadap pentas-pentas di daerah pedesaan, di mana acara kebudayaan umumnya jarang ada.

Pentas-pentas erotis pada acara pemakaman adalah fenomena yang cukup baru. Banyak warga desa China merasa pentas semacam itu menunjukkan kekayaan sebuah keluarga dan akan menarik banyak tamu, yang diyakini adalah bentuk penghormatan bagi mendiang.

Dulu, seperti ditulis kantor berita AP, acara pemakaman di China biasanya dihiasi penampilan opera dan dilanjutkan dengan pemutaran film.

Dalam beberapa bulan ini, banyak orang yang pulang dari acara pemakaman di desa mengeluhkan pentas erotis. Lewat media sosial, mereka mengatakan kelompok penghibur yang disewa untuk menyanyikan musik pemakaman tiba-tiba mengganti musik dan mulai mencopot pakaian mereka.

Pihak berwenang mengatakan aksi semacam itu akan ditindak dan pelakunya akan dihukum. “Acara seperti itu mengganggu bisnis hiburan lokal dan merusak moral sosial,” kata departemen kebudayaan China.

Recommended

XS
SM
MD
LG