Tautan-tautan Akses

China Lakukan Diplomasi Gencar di KTT APEC dan KTT ASEAN


Presiden China Xi Jinping dan ibu negara Peng Liyuan tiba di Bali untuk menghadiri KTT APEC (5/10). Ketidakhadiran Presiden Obama dimanfaatkan China untuk melakukan diplomasi gencar.
Presiden China Xi Jinping dan ibu negara Peng Liyuan tiba di Bali untuk menghadiri KTT APEC (5/10). Ketidakhadiran Presiden Obama dimanfaatkan China untuk melakukan diplomasi gencar.

Para pemimpin China melakukan diplomasi gencar minggu ini dalam dua pertemuan regional penting di Asia Tenggara, yaitu KTT APEC di Bali dan KTT ASEAN di Brunei Darussalam.

Para pejabat China berupaya memusatkan perhatian pada persamaan kepentingan ekonomi daripada sengketa wilayah. Selagi Presiden China Xi Jinping bertemu dengan para pemimpin Asia dalam pertemuan APEC di Bali, pihak berwenang di Beijing berusaha meredakan sengketa wilayah di Laut China Selatan dengan memusatkan perhatian pada perekonomian regional.

Dalam sebuah konferensi pers, Wakil Menteri Keuangan Zhu Guangyao mengatakan China berharap sengketa Laut China Selatan tidak akan menjadi pusat perhatian pertemuan Asia Timur. Ia mengharapkan hubungan China dengan negara-negara lain akan lancar,

Vietnam, Filipina, Taiwan, Malaysia dan Brunai semua mengklaim bagian-bagian Laut China Selatan. Perairan itu adalah rute transportasi utama dan kaya cadangan minyak dan gas. China mengklaim hampir semua wilayah laut itu.

Di Beijing, menteri-menteri China mengatakan perekonomian regional harus menjadi agenda utama mereka.

Sebuah laporan Bank Dunia yang dirilis hari Senin mengatakan perekonomian negara-negara yang sedang berkembang di Asia Timur dan Pasifik tumbuh lebih lambat sementara ekonomi China juga melamban. Pihak berwenang China mengatakan mereka masih bertekad untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi regional.

Wakil Menteri Perdagangan Gao Yan mengatakan salah satu hasil terpenting kerjasama China-ASEAN adalah penciptaan zona pembangunan yang menciptakan 14 ribu kesempatan kerja baru di Asia.

Recommended

XS
SM
MD
LG