Jumat, 01 Agustus 2014 Waktu UTC: 11:51

Berita / Politik

Cameron Bertekad Rundingkan Syarat Keanggotaan Inggris dalam Uni Eropa

PM Inggris David Cameron akan meminta agar rakyat Inggris melakukan pemungutan suara mengenai keanggotaan Inggris dalam Uni Eropa, jika menang pemilu mendatang.

PM Inggris David Cameron mengatakan akan menyerahkan keputusan keanggotaan Inggris dalam Uni Eropa kepada rakyat Inggris, jika partainya menang pemilu mendatang (foto: dok).
PM Inggris David Cameron mengatakan akan menyerahkan keputusan keanggotaan Inggris dalam Uni Eropa kepada rakyat Inggris, jika partainya menang pemilu mendatang (foto: dok).
PM Inggris David Cameron mengumumkan bahwa jika partainya menang dalam pemilu mendatang, ia akan merundingkan kembali syarat-syarat keanggotaan Inggris dalam Uni Eropa, dan kemudian minta agar rakyat Inggris melakukan pemungutan suara mengenai hal itu.

Cameron mengatakan hal itu dalam pidato hari Rabu (23/1), di mana ia memperingatkan bahwa kekecewaan publik mengenai Uni Eropa sangat tinggi. Cameron menambahkan, hubungan baru Inggris dengan Uni Eropa harus dilandasi oleh konsep pasar tunggal.

Cameron menegaskan, kemudian rakyat Inggris akan diberi pilihan sederhana, ya atau tidak, mengenai apakah akan menyetujui syarat-syarat baru Uni Eropa, atau keluar dari perhimpunan itu.

Pengumuman Cameron itu mengecewakan beberapa sekutu Inggris. Menteri Luar Negeri Jerman Guido Westerwelle mengatakan, Jerman ingin Inggris tetap menjadi bagian aktif dan konstruktif Uni Eropa, tetapi London tidak dapat pilih-pilih aspek keanggotaan yang disukainya. Amerika pernah mengatakan, ingin agar Inggris tetap menjadi suara yang kuat dalam Uni Eropa. Pemilu Inggris berikut akan dilangsungkan tahun 2015. 
Forum ini telah ditutup.
Komentar-komentar
     
Tidak ada komentar di forum ini. Jadi yang pertama dan pasang komentar Anda

Ikuti Kami

 Aktivitas di Facebook