Selasa, 02 September 2014 Waktu UTC: 23:42

Berita / AS

Badan Pemeringkat Kredit Peringatkan Pemerintah AS

Lembaga Fitch memperingatkan Washington bahwa penundaan penyelesaian soal pagu utang pemerintah Amerika akan mendorong Fitch meninjau kembali peringkat kredit AS.

Badan Pemeringkat Kredit 'Fitch' mendesak Kongres AS segera meningkatkan pagu utang untuk menghindari risiko penurunan peringkat kredit AS (foto: dok).
Badan Pemeringkat Kredit 'Fitch' mendesak Kongres AS segera meningkatkan pagu utang untuk menghindari risiko penurunan peringkat kredit AS (foto: dok).
Badan pemeringkat kredit terkemuka Fitch memperingatkan Washington bahwa penundaan penyelesaian perselisihan mengenai utang pemerintah akan mendorong “peninjauan kembali” terhadap peringkat kredit Amerika.

Fitch menyatakan berharap Kongres akan meningkatkan “pagu utang”, untuk membuat risiko kegagalan Amerika membayar utang “sangat rendah.”

Pada Agustus 2011, pertengkaran politik di Kongres mengenai peningkatan pagu utang telah mendorong badan pemeringkat kredit lainnya, S&P, untuk menurunkan peringkat Amerika satu tingkat dari posisi top sebelumnya.

Fitch menjelaskan bahwa pihaknya akan mempertimbangkan penurunan peringkat jika langkah Kongres terhambat oleh pertengkaran baru. Fitch menyebut pagu utang sebagai suatu mekanisme yang “tidak efektif dan berpotensi membahayakan” dalam mengendalikan belanja pemerintah.

Departemen Keuangan menyatakan Amerika telah melampaui pagu utang yang sesuai undang-undang, tetapi dapat menggunakan langkah-langkah “luar biasa” untuk menghindari kehabisan dana hingga akhir Februari.

Laporan ekonomi lainnya kebanyakan bersifat positif. Departemen Perdagangan menyatakan penjualan ritel Amerika naik setengah persen pada bulan Desember, lebih banyak daripada yang diperkirakan semula. Para ekonom mencermati penjualan ritel dengan seksama karena permintaan konsumen menggerakkan sebagian besar kegiatan ekonomi Amerika.

Survei oleh organisasi Gallup memperlihatkan kecemasan rakyat Amerika semakin berkurang mengenai ekonomi pada pekan lalu, tetapi mereka masih mencemaskan isu-isu keuangan.

Pengukuran inflasi secara terpisah pada tingkat grosir menunjukkan harga-harga turun sedikit untuk bulan ke-tiga berturut-turut. Inflasi yang relatif terkendali menunjukkan bank sentral Amerika dapat melanjutkan upaya-upaya untuk merangsang perekonomian dengan mempertahankan suku bunga pada tingkat sangat rendah. Jika inflasi naik tajam, bank sentral kemungkinan akan menaikkan suku bunga untuk mendinginkan ekonomi.
Forum ini telah ditutup.
Komentar-komentar
     
Tidak ada komentar di forum ini. Jadi yang pertama dan pasang komentar Anda

Ikuti Kami

 Aktivitas di Facebook