Tautan-tautan Akses

Astronom Temukan Gunung Tinggi di Bulan Saturnus


Tiga bukit yang dikenal di Titan yang dikenal sebagai Mithrim Montes merupakan puncak tertinggi bulan Saturnus.
Tiga bukit yang dikenal di Titan yang dikenal sebagai Mithrim Montes merupakan puncak tertinggi bulan Saturnus.

Bulan Titan terbukti merupakan struktur yang paling menarik di sistem tata surya, lengkap dengan apa yang diyakini merupakan lautan air di bawah lapiran esnya.

Para astronom mengatakan mereka telah menemukan gunung tertinggi di bulan terbesar Saturnus, Titan.

Puncak tersebut, yang dipelajari menggunakan gambar-gambar inframerah dan data dari kendaraan Cassini milik NASA, memiliki ketinggian 3.337 meter dan salah satu dari tiga gunung yang oleh NASA disebut Mithrim Montes.

"Itu bukan saja merupakan titik tertinggi yang telah kita temukan sejauh ini di Titan, tapi kami kira ini merupakan titik tertingi yang akan ditemukan," ujar ​ Stephen Wall, wakil kepala tim radar Cassini di Laboratorium Propulsi Jet NASA di Pasadena, California.

Para peneliti mengatakan gunung-gunung setinggi itu di Titan "mengindikasikan" aktivitas tektonik di bulan tersebut.

"Sebagai penjelajah, kami termotivasi untuk menemukan tempat-tempat tertinggi atau terdalam, sebagian karena itu menyenangkan. Tapi ekstrem-ekstrem di Titan juga menginformasikan hal-hal penting mengenai daya-daya yang mempengaruhi evolusinya," ujar Jani Radebaugh, seorang anggota tim radar Cassini dari Brigham Young University di Provo, Utah, yang mengepalai penelitian tersebut.

"Ada banyak nilai dalam meneliti topografi Titan dalam cakupan luas dan global, karena ini memberitahu kita daya-daya yang bekerja di permukaan dari bawah maupun dari atas," ujar Radebaugh.

NASA mengatakan puncak-puncak tertinggi Titan terletak di garis ekuator bulan.

Penelitian itu juga menemukan bahwa hujan turun cukup banyak di Titan sehingga menimbulkan aliran sungai, yang kemudian mengukir topografi bulan. Meskipun NASA mengatakan erosi di Titan terjadi lebih lambat karena tempat ini terletak begitu jauh dari matahari dan sehingga kurang ada energi untuk "membangkitkan proses-proses erosif."

Cassini telah memberikan informasi mengenai Saturnus dan bulan-bulannya selama lebih dari satu dekade, dan Titan terbukti merupakan struktur yang paling menarik di sistem tata surya, lengkap dengan apa yang diyakini merupakan lautan air di bawah lapiran esnya.

Penemuan ini dipresentasikan di Konferensi Sains Bulan dan Planet dekat Houston, AS. [hd]

XS
SM
MD
LG