Tautan-tautan Akses

AS Gagalkan Rencana Al-Qaida Bom Pesawat


Rencana al-Qaida memasukkan pembom bunuh diri ke pesawat jet menuju Amerika berhasil digagalkan sebelum tersangka masuk pesawat (foto: ilustrasi).
Rencana al-Qaida memasukkan pembom bunuh diri ke pesawat jet menuju Amerika berhasil digagalkan sebelum tersangka masuk pesawat (foto: ilustrasi).

Para pejabat Amerika mengatakan telah menggagalkan rencana pemboman oleh al-Qaida untuk menghancurkan sebuah pesawat yang menuju Amerika.

Pihak berwenang di Washington mengatakan cabang al-Qaida di Yaman berniat memasukkan seorang pembom bunuh diri ke pesawat jet menuju Amerika untuk meledakkan bom yang disembunyikan dalam celana dalamnya.

Mereka mengatakan rencana itu terdeteksi dan bom disita sebelum dibawa masuk pesawat manapun.

Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih hari Senin mengatakan dalam pernyataan bahwa Presiden Barack Obama pertama kali diberitahu mengenai rencana itu bulan April, dan selalu diberitahu perkembangan mengenai situasinya. Pernyataan itu mengatakan Obama diyakinkan bahwa alat peledak itu tidak mengancam publik.

Berbicara kepada wartawan hari Senin, Menteri Pertahanan Leon Panetta menolak berkomentar mengenai operasi rahasia. Namun, ia mengatakan insiden itu membuat jelas bahwa Amerika harus tetap waspada atas kemungkinan serangan.

Kantor berita AP mengatakan penyerang berbasis di Yaman dan rencana itu tadinya akan dilakukan sekitar peringatan satu tahun serangan Amerika yang menewaskan Osama bin Laden. AP juga mengatakan penyerang belum memilih sasaran atau membeli tiket pesawat.

Para pejabat mengatakan bom itu adalah rancangan ulang alat peledak yang digunakan untuk mencoba meledakkan pesawat menuju Detroit dari Amsterdam tahun 2009. Seorang warga Nigeria mencoba meledakkan bom dibalik pakaian dalamnya dalam penerbangan hari Natal tahun 2009 itu.
XS
SM
MD
LG