Senin, 28 Juli 2014 Waktu UTC: 08:17

Berita / Dunia / Asia Pasifik

AS, Tiongkok Sepakat Perketat Sanksi terhadap Korut

Kedua negara mencapai persetujuan untuk memperketat sanksi internasional terhadap Korea Utara atas peluncuran roketnya bulan Desember lalu.

AS dan Tiongkok akan memperketat sanksi terhadap Korea Utara atas peluncuran roketnya tanggal 12 Desember 2012 lalu (foto: dok).
AS dan Tiongkok akan memperketat sanksi terhadap Korea Utara atas peluncuran roketnya tanggal 12 Desember 2012 lalu (foto: dok).
Para diplomat di PBB mengatakan Amerika Serikat telah mencapai persetujuan dengan Tiongkok untuk memperketat sanksi internasional terhadap Korea Utara atas peluncuran roketnya bulan Desember.

Para diplomat mengatakan Amerika Serikat telah mengedarkan rancangan resolusi kepada ke-15 anggota Dewan Keamanan PBB.  Dewan mungkin akan melakukan pemungutan suara  sedini hari Selasa untuk menghukum Korea Utara atas peluncuran tersebut.

Mereka mengatakan resolusi itu akan mengutuk  peluncuran tersebut dan memperluas sanksi yang sudah berlaku.  Tetapi, tidak jelas apakah Dewan Keamanan akan menambah saksi baru – satu langkah yang Tiongkok, satu-satunya sekutu besar Pyongyang, telah enggan menerimanya.

Washington telah mengusahakan agar Beijing menerima rancangan yang kuat setelah peluncuran roket tersebut, yang dikutuk luas sebagai percobaan misil yang tersamar dan dilarang berdasarkan sanksi PBB.
Forum ini telah ditutup.
Komentar-komentar
     
Tidak ada komentar di forum ini. Jadi yang pertama dan pasang komentar Anda

Ikuti Kami

 Aktivitas di Facebook