Tautan-tautan Akses

AS Setujui Pengobatan Baru bagi TBC Kebal Obat


Penyakit TBC yang kebal obat meluas di seluruh dunia (foto: dok). Badan Pangan dan Obat-obatan AS telah menyetujui obat baru untuk melawan TBC ini.
Penyakit TBC yang kebal obat meluas di seluruh dunia (foto: dok). Badan Pangan dan Obat-obatan AS telah menyetujui obat baru untuk melawan TBC ini.

Badan Pangan dan Obat-obatan Amerika (FDA) telah menyetujui sebuah pengobatan baru untuk melawan TBC yang kebal berbagai obat-obatan.

Sirturo, yang secara kimia dikenal sebagai bedaquiline, adalah terapi anti TB baru yang pertama yang disetujui selama lebih dari 40 tahun. Obat itu juga yang pertama yang dirancang sebagai bagian dari terapi gabungan untuk merawat orang dewasa yang terinfeksi dengan TB yang kebal obat-obatan jika obat-obatan lain tidak tersedia.

Obat baru itu bekerja dengan menghalangi sebuah enzim yang diperlukan pathogen penyakit itu untuk menyebar ke seluruh tubuh.

Sirturo dikembangkan oleh 'Janssen Therapeutics', divisi pembuat obat-obatan Amerika Johnson & Johnson. Obat itu disetujui lewat program peninjauan singkat yang memungkinkan obat-obat yang ampuh dipasarkan lebih cepat.

FDA memperingatkan obat itu berpotensi memicu serangan jantung dan menyarankan para dokter untuk meresepkan dan memberi Sirturo dengan hati-hati.

Kelompok layanan kesehatan konsumen, Public Citizen mengecam pengujian cepat FDA terhadap bedaquiline, dengan mengatakan obat itu tampak beracun “artinya harus diadakan peningkatan sebelum mengijinkannya untuk dijual”.
XS
SM
MD
LG