Tautan-tautan Akses

Obama, Xi Jinping Perbarui Komitmen untuk Pangkas Emisi


Presiden AS Barack Obama (kiri) dan Presiden China Xi Jinping dalam pertemuan di Le Bourget, pinggiran Paris, Senin (30/11).
Presiden AS Barack Obama (kiri) dan Presiden China Xi Jinping dalam pertemuan di Le Bourget, pinggiran Paris, Senin (30/11).

Dalam pernyataan bersama, kedua memimpin memastikan kembali janji yang disampaikan tahun lalu untuk mengendalikan pencemaran dan mengadopsi pengendalian emisi gas rumah kaca.

China dan Amerika, dua negara pencemar lingkungan terbesar di dunia, dalam KTT Perubahan Iklim di Paris hari Senin (30/11) memperbarui komitmen mereka untuk mengadopsi pengendalian emisi gas rumah kaca.

Presiden Amerika Barack Obama dan Presiden China Xi Jinping bertemu di sela-sela KTT Perubahan Iklim hari pertama, yang membahas sejumlah isu global dan regional, termasuk perang melawan teroris ISIS, keamanan teknologi antar kedua negara dan resolusi damai atas sengketa maritim di Laut Cina Selatan.

Dalam pernyataan bersama, kedua memimpin memastikan kembali janji yang disampaikan tahun lalu untuk mengendalikan pencemaran, dengan mengatakan “KTT Perubahan Iklim ini memberi kesempatan penting untuk meningkatkan tindakan guna menyelesaikan persoalan perubahan iklim yang fundamental ini.”

Komitmen China diungkapkan setelah ibukota Beijing mencatat polusi udara terburuk tahun ini sehingga memaksa pabrik-pabrik pencemar untuk memangkas produksi mereka.

Sementara Presiden Obama mengatakan “sebagai dua negara dengan tingkat ekonomi terbesar di dunia dan juga dua negara pencemar lingkungan terbesar, kami sama-sama telah menetapkan bahwa merupakan tanggungjawab kami untuk mengambil tindakan.”

Sebelum mengadakan pertemuan tertutup dengan Obama, Xi mengatakan “sangat penting bagi China dan Amerika untuk benar-benar memastikan arah yang tepat untuk membangun model hubungan negara besar yang baru dan mengikuti prinsip non-konfrontasi dan non-konflik, saling menghormati dan kerjasama yang saling menguntungkan.” [em]

XS
SM
MD
LG