Tautan-tautan Akses

Antisipasi Ancaman Korut, AS Siapkan Sistem Anti Misil di Guam


Menhan AS Chuck Hagel menjelaskan rencana penempatan pertahanan anti misil di Guam untuk mengantisipasi ancaman Korut, Rabu (3/4).
Menhan AS Chuck Hagel menjelaskan rencana penempatan pertahanan anti misil di Guam untuk mengantisipasi ancaman Korut, Rabu (3/4).

Militer AS sedang bersiap untuk menempatkan sistem pertahanan misil yang canggih di kepulauan Guam, Pasifik untuk mengantisipasi ancaman misil Korea Utara.

Pejabat-pejabat militer Amerika mengatakan Washington sedang bersiap untuk menempatkan sistem pertahanan misil yang canggih di Pasifik dalam beberapa minggu mendatang, sebagai langkah pencegahan untuk melindungi ancaman misil balistik Korea Utara.

Seorang juru bicara Pentagon hari Rabu mengatakan misil-misil itu akan ditempatkan di wilayah Amerika di Guam – sekitar tiga ribu kilometer dari Semenanjung Korea. Belum jelas kapan sistem ini akan dioperasikan.

Pengumuman Pentagon ini disampaikan sewaktu Korea Utara – yang marah akibat sanksi-sanksi baru internasional – melanjutkan ancaman selama berminggu-minggu terhadap Amerika dan Korea Selatan.

Dalam sebuah pernyataan Kamis pagi, kantor berita resmi Korea Utara KCNA mengutip Kepala Staf Tentara Rakyat Korea Utara sebagai mengatakan pihaknya akan mengambil serangkaian “langkah pembalasan militer yang keras” terhadap Amerika. Pernyataan itu tidak merinci lebih lanjut, kecuali mengatakan langkah-langkah tersebut akan mencakup senjata nuklir tercanggih.

Korea Utara hari Rabu mulai memblokir para pekerja Korea Selatan untuk memasuki kawasan perindustrian Kaesong di utara perbatasan, mengganggu kerjasama terakhir yang masih tersisa antar kedua negara.
XS
SM
MD
LG