Minggu, 26 Oktober 2014 Waktu UTC: 05:54

5 Negara Jadi Anggota Baru Dewan Keamanan PBB

Pakistan, Maroko, Guatemala dan Togo akan menjadi anggota baru DK PBB, sementara keputusan mengenai kursi ke-5 masih ditangguhkan.

Pakistan, Maroko, Guatemala dan Togo akan menjadi anggota baru Dewan Keamanan PBB (foto: dok).
Pakistan, Maroko, Guatemala dan Togo akan menjadi anggota baru Dewan Keamanan PBB (foto: dok).

PBB mengadakan pemungutan suara hari Jumat untuk 5 kursi bergilir dua tahun dalam Dewan Keamanan, yang menghasilkan kemenangan bagi Pakistan, Maroko, Guatemala dan Togo.

Keputusan terakhir mengenai kursi yang ke-5 ditangguhkan sampai pekan depan setelah Azerbaijan dan Slovenia tidak memperoleh cukup suara dalam 9 babak pemungutan suara.

Guatemala menang dengan mudah, karena tidak mempunyai saingan, sementara Pakistan berhasil memperoleh hanya mayoritas 129 suara yang dibutuhkan dari ke-193 negara anggota PBB untuk memenangkan kursi.

Pakistan akan duduk dalam Dewan Keamanan bersama saingannya India, sampai India meninggalkan kursinya pada akhir tahun 2012. Dutabesar Pakistan mengatakan ia memperkirakan kedua negara bersenjata nuklir itu tidak akan mengalami kesulitan untuk bekerjasama dalam Dewan Keamanan.

Kemenangan Togo juga diperoleh dengan selisih tipis 131 suara. Togo dan Maroko mengalahkan Mauritania untuk merebut kursi Afrika.

Pemungutan suara yang paling menegangkan adalah dalam kelompok Eropa Timur dimana Azerbaijan, Hongaria, dan Slovenia adalah calon-calonnya. Hongaria gagal dalam babak pertama dan setelah 9 jam dan 9 babak pemungutan suara, Azerbaijan mempunyai keunggulan yang meningkat atas Slovenia. Tetapi, karena waktu sudah terlalu malam, Presiden Majelis Umum terpaksa menangguhkan acara sampai hari Senin, ketika pemungutan suara dilanjutkan.

 

Forum ini telah ditutup.
Komentar-komentar
     
Tidak ada komentar di forum ini. Jadi yang pertama dan pasang komentar Anda