Senin, 28 Juli 2014 Waktu UTC: 10:20

Berita / Ekonomi

Armenia, Iran Bangun Instalasi Pembangkit Listrik Bersama

Pemerintah Armenia dan Iran telah memulai pembangunan sebuah PLTA bersama di perbatasan kedua negara.

Presiden Armenia Serzh Sarkisian dan delegasi Iran menghadiri peletakan batu pertama pembangunan PLTA di kawasan Sungai Arax di perbatasan Armenia-Iran (8/11).
Presiden Armenia Serzh Sarkisian dan delegasi Iran menghadiri peletakan batu pertama pembangunan PLTA di kawasan Sungai Arax di perbatasan Armenia-Iran (8/11).
Presiden Armenia Serzh Sarkisian, dan para anggota delegasi Iran yang dipimpin Menteri Energi Iran Majid Namjoo,  menghadiri acara peletakan batu pertama instalasi itu, Kamis, di kawasan Sungai Arax, dekat kota Meghri, Armenia.

Pembangunan instalasi itu diperkirakan akan memakan waktu lima tahun dan akan menyuplai energi untuk Iran pada 15 tahun pertama masa operasinya sebelum dialihkan ke Armenia.

Iran sedang berusaha meningkatkan perdagangan sementara sanksi internasional mengetat karena program nuklirnya yang disengketakan.  Armenia ingin meningkatkan hubungan dengan Teheran karena sengketa politiknya yang telah berlangsung lama dengan dua negara tetangganya -- Turki dan  Azerbaijan – mengakibatkan blokade ekonomi dan penutupan perbatasan negara itu.

Bulan lalu, kedua negara sepakat untuk meningkatkan kerjasama ekonomi, meningkatkan perdagangan bilateral, dan mempercepat proyek-proyek kerjasama, termasuk PLTA, jaringan transmisi listrik, dan jalur kereta.
Forum ini telah ditutup.
Komentar-komentar
     
Tidak ada komentar di forum ini. Jadi yang pertama dan pasang komentar Anda

Ikuti Kami

 Aktivitas di Facebook