Minggu, 20 April 2014 Waktu UTC: 18:24

Berita / Gaya Hidup / Seni & Hiburan

Argo, Film Terbaik Ajang Penghargaan Oscar 2013

Film "Argo" terpilih sebagai pemenang untuk kategori film terbaik dalam ajang Academy Awards tahunan ke-85 di Los Angeles tahun 2013. (24/2)

Produser film "Argo", dari kiri: George Cloney, Ben Affleck, dan Grant Heslov, berpose dengan piala Oscar mereka seusai menerima penghargaan sebagai Film Terbaik Tahun 2013 (Photo: Matt Petit/©A.M.P.A.S)
Produser film "Argo", dari kiri: George Cloney, Ben Affleck, dan Grant Heslov, berpose dengan piala Oscar mereka seusai menerima penghargaan sebagai Film Terbaik Tahun 2013 (Photo: Matt Petit/©A.M.P.A.S)
UKURAN HURUF - +
Sebuah film mengenai krisis sandera di Iran secara mengejutkan menjadi pemenang untuk kategori film terbaik dalam ajang  Academy Awards tahunan ke-85 di Los Angeles, mengalahkan sebuah film mengenai perjuangan presiden Amerika ke-16 untuk menghapus perbudakan.

Banyak pihak tidak menduga Argo, yang disutradarai dan dibintangi Ben Affleck, akan memenangkan penghargaan tertinggi Oscar itu. Sebelumnya, banyak diperkirakan, penghargaan itu akan direbut Lincoln, sebuah film karya sutradara Steven Spielberg.

Penghargaan tertinggi itu diumumkan Michelle Obama dalam penampilannya yang mengejutkan dari Gedung Putih. Ia mengatakan, film-film yang dinominasikan membuat penonton tertawa dan menangis.

Argo juga merebut penghargaan untuk kategori  penyuntingan gambar terbaik dan naskah adaptasi terbaik untuk ceritanya mengenai misi CIA membebaskan enam diplomat Amerika dari Teheran segera setelah Revolusi Islam pada 1979.

Kemenangan Argo bukanlah satu-satunya yang mengejutkan dalam malam penganugerahan Oscar itu. Para kritikus film memperkirakan Spielberg akan membawa pulang penghargaan Oscar untuk sutradara terbaik, namun penghargaan itu justru jatuh kepada Ang Lee untuk filmnya, Life of Pi. 

Meski demikian, bintang Lincoln Daniel Day-Lewis merebut penghargaan aktor terbaik, dan membuat sejarah karena menjadi pria pertama yang merebut tiga penghargaan aktor  terbaik di ajang Oscar.

Jennifer Lawrence terpilih sebagai aktris terbaik untuk perannya sebagai janda muda di Silver Linings Playbook. 

Aktris pendukung terbaik direbut Anne Hathaway lewat film Les Miserables, sementara aktor pendukung terbaik Christoph Waltz untuk Django Unchained.

Amour, kisah mengenai pasangan manula yang harus berurusan dengan penyakit stroke yang diderita istrinya, memberi Austria penghargaan film berbahasa asing terbaik.

Quentin Tarantino memperoleh Oscar untuk kategori naskah asli terbaik untuk film Django Unchained.

Penyanyi Inggris Adele merebut penghargaan lagu asli terbaik untuk Skyfall untuk film James Bond berjudul sama.

Dame Shirley Bassey, yang kini berusia 76 tahun, memperoleh sambutan luar bisa setelah menyanyikan Goldfinger, lagu tema film James Bond tahun 1964 yang melambungkan karir internasionalnya. 

Seth MacFarlane menjadi pembawa acara ajang insan film tahun ini.
Forum ini telah ditutup.
Komentar-komentar
     
Tidak ada komentar di forum ini. Jadi yang pertama dan pasang komentar Anda

Ikuti Kami

 Aktivitas di Facebook