Rabu, 23 April 2014 Waktu UTC: 16:59

Berita / Iptek / Teknologi

Aplikasi Ponsel Pintar untuk Tes Psikologi

Para ilmuwan Norwegia telah mengembangkan aplikasi smartphone yang mirip program psikologi yang digunakan di laboratorium untuk mengukur fungsi otak.

Program aplikasi telepon pintar (smartphone) kini merambah ke segala aspek, termasuk aplikasi untuk tes psikologi (foto: dok).
Program aplikasi telepon pintar (smartphone) kini merambah ke segala aspek, termasuk aplikasi untuk tes psikologi (foto: dok).
UKURAN HURUF - +
Tampaknya aplikasi telepon selular tersedia untuk apa saja – dari transaksi keuangan hingga permainan elektronik dengan berbagai-pemain. Kini, orang dapat menggunakan telepon selular untuk tes psikologi.

Para ilmuwan di Norwegia telah mengembangkan sebuah aplikasi yang mirip dengan program psikologi yang digunakan di laboratorium untuk mengukur fungsi otak.

Kita mendengarkan dua suku kata yang berbeda di setiap telinga pada saat bersamaan, dan menyebut suku kata mana yang paling jelas terdengar. Menurut anggota tim peneliti, Josef Bless, "tes itu menentukan sisi otak manakah yang paling aktif dalam memproses bahasa."

Lebih dari 1.000 orang telah mengunggah aplikasi gratis itu, dan separuh dari mereka telah mengirim hasil tesnya kepada para peneliti. "Hasil dari aplikasi itu dapat diandalkan seperti tes-tes yang dilakukan di laboratorium," kata Bless. Ia memperkirakan akan melihat semakin banyak tim peneliti psikolog yang menggunakan aplikasi telepon seluler itu untuk mengumpulkan data.

Para peneliti juga telah mengembangkan versi perangkat lunak bagi orang-orang yang menderita halusinasi pendengaran. Para ilmuwan mengatakan aplikasi itu membantu pasien-pasien belajar mengabaikan suara-suara di dalam kepala mereka.


Laporan tentang aplikasi tes otak itu diterbitkan dalam jurnal Frontiers in Psychology.
Forum ini telah ditutup.
Urutan Komentar
Komentar-komentar
     
oleh: Asep Andri dari: Garut - Indonesia
13.02.2013 17:46
mudah2n aplikasi ini mampu diserap langsung oleh masyarakat pengguna ponseL
sangat brmanfaat

Ikuti Kami

Video & Foto Terbaru

JavaScript Anda dimatikan atau Anda memiliki versi Adobe Flash Player yang lama. Dapatkan Flash Player terbaru.
Kunjungan Presiden Obama ke Asiai
X
Patsy Widakuswara
23.04.2014
Presiden Obama memulai lawatannya ke empat negara Asia, yaitu Jepang, Korea Selatan, Malaysia dan Filipina. Lawatan ini merupakan bagian dari strategi ‘Pivot to Asia’ di mana Washington bertujuan memberikan porsi perhatian lebih besar ke kawasan ini.
Video

Video Kunjungan Presiden Obama ke Asia

Presiden Obama memulai lawatannya ke empat negara Asia, yaitu Jepang, Korea Selatan, Malaysia dan Filipina. Lawatan ini merupakan bagian dari strategi ‘Pivot to Asia’ di mana Washington bertujuan memberikan porsi perhatian lebih besar ke kawasan ini.
Video

Video Lomba Boston Marathon, Setahun Setelah Pemboman

Sekitar 36 ribu pelari ambil bagian dalam lomba lari maraton tahunan yang berlangsung di kota Boston, Amerika Serikat. Ini adalah untuk pertama kalinya Boston Marathon kembali digelar setelah dua bom meledak menjelang garis finish pada lomba tahun lalu.
Video

Video Kilas VOA 23 April 2014

Presiden Obama berkunjung ke Asia. Wapres AS Joe Biden Memperingatkan Rusia agar segera meredam krisis Ukraina. Korban kecelakaan kapal feri Korea Selatan melebihi 120 jiwa. Kejuaraan dunia bermain gundu di West Sussex, Inggris dimenangkan oleh Jerman.
Video

Video Antri Beli Tiket Pertandingan Piala Dunia di Brazil

Bagaimana suasana menjelang pertandingan piala dunia di Brazil? Yang jelas antrian panjang terlihat di berbagai tempat penjualan tiket untuk menonton pertandingan yang sangat dinanti-nantikan pecinta sepak bola ini. Alam Burhanan mengantarkan ceritanya dalam VOA Sports.
Galeri Foto

Galeri Foto Penghormatan Terakhir Bagi Penulis Kolombia Gabriel Garcia Marquez

Mulai dari presiden, pejabat negara, anggota keluarga sampai penggemar di Kolombia memberikan penghormatan terakhir pada penulis pemenang Nobel, Gabriel Garcia Marquez, yang tutup usia di Meksiko pada 17 April 2014 dalam usia 87 tahun.
 Aktivitas di Facebook