Tautan-tautan Akses

Antisipasi Roket Korut, Jepang Gelar Pencegat Misil


Pasukan bela diri Jepang mempersiapkan sistem pertahanan anti misil 'Patriot' (6/12) untuk mengantisipasi peluncuran roket Korea Utara (foto: dok).
Pasukan bela diri Jepang mempersiapkan sistem pertahanan anti misil 'Patriot' (6/12) untuk mengantisipasi peluncuran roket Korea Utara (foto: dok).

Jepang mengerahkan sistem pertahanan misilnya dalam mengantisipasi peluncuran roket Korea Utara yang direncanakan, yang mungkin terjadi sedini hari Senin.

Televisi Jepang memperlihatkan tiga kapal perusak Aegis yang diperlengkapi dengan pencegat misil SM-3 dilaporkan menuju Laut China Timur dan Laut Jepang hari Kamis.

Pencegat misil Patriot kemudian tiba di pulau Okinawa, yang terletak di bawah jalur penerbangan misil yang diperkirakan. Misil-misil Patriot juga ditempatkan di lapangan di belakang kementerian pertahanan di Tokyo.

Jepang telah mengancam akan menembak jatuh misil Korea Utara jika misil tersebut mengancam Jepang. Itu adalah sikap yang sama yang diambil pemerintah Jepang tahun lalu sebelum peluncuran roket yang gagal oleh Pyongyang.

Michael Cucek, seorang periset di Pusat Pengkajian Internasional MIT di Tokyo, mengatakan kepada VOA bahwa banyak warga Jepang sedang mengawasi perkembangan tersebut.

Korea Utara mengatakan negara itu berencana meluncurkan roket tiga tahap itu antara tanggal 10 Desember dan 22 Desember. Pyongyang mengatakan peluncuran itu bertujuan untuk menempatkan sebuah satelit di orbit.

Recommended

XS
SM
MD
LG