Jumat, 19 Desember 2014 Waktu: 22:46

Berita / Iptek / Lingkungan Hidup

Angin Topan Kembali Landa Amerika

Angin topan kembali melanda Amerika.

Tornado memporak-porandakan rumah penduduk di kota Woodward, Oklahoma (April 2012).
Tornado memporak-porandakan rumah penduduk di kota Woodward, Oklahoma (April 2012).
Tornado melanda banyak bagian dunia, tetapi sering terjadi di Amerika. Saat ini  musim badai itu telah  mulai  di Amerika. Tornado merusak dan menghancurkan  ratusan rumah, dan bisa  menimbulkan korban jiwa.
 
Para pakar mengatakan bahwa tornado paling sering terjadi  di Amerika, rata-rata 1.000 setiap tahun. Badan Urusan Samudera dan Atmosfir Nasional (National Oceanic and Atmospheric) selalu mencatat adanya tornado. Katanya, tornado menewaskan 70 orang dan mencederai 1.500 lainnya di seluruh Amerika rata-rata tiap tahun.
 
Tornado bisa melanda dengan sedikit atau tanpa peringatan.  Sebagian besar korban cedera disebabkan oleh benda-benda beterbangan yang menghantam mereka. Para pakar mengatakan bahwa tempat yang baik untuk  menyelamatkan diri sewaktu terjadi topan adalah tempat perlindungan bawah tanah,  atau  ruang kecil tanpa jendela di bagian paling bawah gedung.
 
Sistem pelaporan tornado mencakup pengamatan dan  peringatan. Tornado Watch berarti tornado mungkin akan terjadi  di suatu daerah. Tornado warning berarti tornado sudah terlihat. Penduduk diberitahu agar segera mencari tempat perlindungan karena tornado sulit dilihat.
 
Tornado yang terjadi di lautan adalah angin puting beliung. Tetapi, daerah yang dilanda tornado jauh lebih kecil  daripada topan yang mulai terbentuk di lautan.
 
Tornado bisa diukur dengan menggunakan informasi kecepatan angin dari sistem radar Doppler. Tornado bisa bergerak dari arah timur laut dengan kecepatan 32 sampai 64 kilometer per jam. Tetapi ada laporan bahwa tornado juga bisa bergerak ke arah lain dengan kecepatan 117 kilometer per jam.
 
Sebagian orang menjadikan kegiatan mengamati dan  mengikuti tornado sebagai hobbi. Mereka disebut pemburu tornado atau pemburu topan. Karya mereka bisa dilihat  dalam video-video tentang cuaca ekstrim yang semakin populer dalam siaran televisi dan internet.
 
Sebagian lagi melakukannya untuk membantu  dokumentasi mengenai badai dan memperingatkan  masyarakat. Tetapi, ada kelompok yang merupakan bagian dari tim peneliti cuaca.
 
Badan Cuaca Nasional mengatakan bahwa Amerika  dilanda cuaca yang lebih buruk dibanding negara-negara lain. Salah satu sebabnya adalah karena Amerika lebih luas dibanding negara-negara lain. Disamping itu, Amerika punya  banyak kawasan dengan keadaan yang berbeda yang menciptakan beragam cuaca. Amerika punya pantai  dan  padang pasir, dataran rendah dan pegunungan.
 
Daerah Pantai Barat di tepi Samudera Pasifik, relatif tenang. Tetapi, daerah Pantai Timur di tepi Samudera Atlantik, terkenal dengan angin topannya. Tornado terutama melanda negara-negara bagian Amerika sebelah tenggara.
Forum ini telah ditutup.
Komentar-komentar
     
Tidak ada komentar di forum ini. Jadi yang pertama dan pasang komentar Anda

 

 

Ikuti Kami

 Aktivitas di Facebook