Rabu, 03 September 2014 Waktu UTC: 02:08

Berita / Indonesia

Mundur sebagai Menpora, Andi Mallarangeng Menteri Aktif Pertama Jadi Tersangka KPK

Dari desa sampai kota metropolitan, Indonesia tidak pernah kekurangan skandal korupsi. Namun skandal korupsi terbaru adalah sesuatu yang baru dalam perjuangan melawan korupsi di Indonesia.

Menteri Pemuda dan Olahraga,  Andi Mallarangeng mengumumkan pengunduran dirinya setelah KPK memutuskan dirinya sebagai tersangka dalam kasus korupsi(7/12).
Menteri Pemuda dan Olahraga, Andi Mallarangeng mengumumkan pengunduran dirinya setelah KPK memutuskan dirinya sebagai tersangka dalam kasus korupsi(7/12).
Kate Lamb
Melihat para orang kaya dan berpengaruh disidangkan di pengadilan, sekarang menjadi hal biasa setiap minggunya di halaman depan surat kabar di Indonesia. Tapi hari Jumat ini (7/12) menandai untuk pertama kalinya seorang anggota kabinet yang aktif telah dijadikan tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK.
 
Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Mallarangeng akan menghadapi tuduhan korupsi atas perannya dalam proyek pembangunan kompleks olahraga bernilai jutan dolar.
 
Mallarangeng mengawasi pembangunan di Jawa Barat itu, yang diyakini telah menyebabkan kerugian negara sebesar 25 juta dolar. Audit pemerintah menemukan sejumlah ketidakberesan dan pelanggaran dalam proyek itu.
 
Andi Mallarangeng mengumumkan pengunduran dirinya dari kabinet, dan sebagai anggota Dewan Pembina dari Partai Demokrat pada Jumat. Mallarangeng, yang juga berada dalam daftar cekal, mengatakan dia tidak bisa bekerja secara efektif sebagai Menteri sementara menghadapi proses hukum.
 
Mengaku tidak bersalah, Mallarangeng mengatakan dia berharap bahwa keadilan akan menang.
 
Menghadapi serangan berulang-ulang dari kepolisian, dan terkadang dari anggota DPR, kasus ini merupakan kemenangan bagi KPK.
 
Namun mantan wakil kepala KPK Erry Hardjapamekas mengatakan kasus terhadap Menteri itu bukan berarti semakin beraninya lembaga anti-korupsi. Namun yang lebih penting, katanya, kasus ini bisa menunjukkan perubahan budaya akuntabilitas - di mana politisi bertindak terhormat dalam keadaan memalukan.
 
"Biasanya para politisi itu selalu menyangkal, mengatakan, ‘Saya bukan koruptor, saya hanya melakukan pekerjaan saya, dan berbagai alasan lainnya. Tapi dalam kasus ini Andi berkata, baiklah, saya tersangka dan saya akan mengundurkan diri dari posisi saya dan akan memusatkan diri pada proses hukum,’ Saya kira ini bisa menjadi kebiasaan baru atau budaya yang baik,” ungkap Erry.
 
Menuju Pemilu 2014, integritas partai presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Partai Demokrat  terpukul. Mallarangeng adalah orang ketiga dalam partai tersebut yang berhadapan dengan hukum sehubungan dengan proyek tadi.
 
Mantan bendahara Partai Demokrat Muhammad Nazaruddin sedang menjalani hukuman empat tahun penjara atas keterlibatannya dalam kasus itu. Wakilnya Angelina Sondakh saat ini juga berurusan dengan pengadilan.
 
Menteri Pemuda dan Olahraga Andy Mallarangeng bisa menghadapi 20 tahun penjara jika terbukti bersalah.
 
Transparency International mengatakan, Indonesia berada di peringkat ketiga terbawah dalam Indeks Korupsi - di antara negara-negara yang paling korup.
Forum ini telah ditutup.
Urutan Komentar
Komentar-komentar
     
oleh: Aristarkus Didimus Rumpak dari: Jakarta
08.12.2012 03:11
Terlepas dari SALAH atau BENAR, saya salut dan sangat menghargai atas kejantanannya untuk melepas segala jabatannya demi mengurus masalah hukumnya... Viva AAM, tunjukkan SIRI'-mu....


oleh: moha libar dari: purwakarta
08.12.2012 00:58
Inalillahi wainaillahi roji'un.......langkah Andi Malarangeng sudah benar dan mudah mudahan trungkap tuntas ....salah benar no dua yang penting sikap....jangan korupsi

Ikuti Kami

 Aktivitas di Facebook