Sabtu, 25 Oktober 2014 Waktu UTC: 23:30

Berita / AS

Al-Jazeera Beli Current TV dari Al Gore

Stasiun televisi Al-Jazeera membeli Current TV milik mantan wakil presiden AS Al Gore, untuk meningkatkan jumlah pemirsa di Amerika.

Mantan wakil presiden AS sekaligus pimpinan dan salah satu pendiri Current TV, Al Gore, pada salah satu acara di televisi tersebut awal 2012. (Reuters/Mario Anzuon)
Mantan wakil presiden AS sekaligus pimpinan dan salah satu pendiri Current TV, Al Gore, pada salah satu acara di televisi tersebut awal 2012. (Reuters/Mario Anzuon)
Al-Jazeera, stasiun televisi negara-negara Arab yang berjuang memiliki ruang di televisi kabel Amerika, telah membeli Current TV, yang meningkatkan jangkauannya sembilan kali lipat menjadi sekitar 40 juta rumah tangga.

Dengan fokus pada berita-berita di AS, stasiun televisi ini berencana mengubah citra jaringan berita dengan paham yang cenderung kiri yang oleh salah satu pemiliknya, Al Gore, gagal menjadi relevan di mata publik.

Mantan wakil presiden AS itu memastikan penjualan Rabu (2/1) lewat pernyataan tertulis, dengan mengatakan bahwa Al-Jazeera memiliki misi yang sama dengan Current TV “untuk memberi suara bagi mereka yang biasanya tidak terdengar; untuk berbicara kebenaran pada kekuasaan; untuk menyediakan sudut pandang yang independen dan beragam; dan untuk menceritakan kisah-kisah yang tak terberitakan.”

Akuisisi ini memperbesar jangkauan Al-Jazeera yang tadinya hanya di beberapa kota metropolitan di AS, termasuk New York dan Washington, tempat 4,7 juta rumah sekarang dapat menonton Al-Jazeera siaran Bahasa Inggris.

Al-Jazeera, yang dimiliki oleh pemerintah Qatar, berencana untuk secara perlahan mengubah Current menjadi stasiun baru bernama Al-Jazeera America dengan menambah lima sampai 10 kantor biro AS di luar lima yang ada sekarang dan merekrut lebih banyak wartawan.

Juru bicara Al-Jazeera Stan Collender mengatakan tidak ada peraturan yang melarang kepemilikan asing untuk sebuah saluran televisi kabel, tidak seperti aturan ketat untuk stasiun televisi yang tidak berbayar. Ia mengatakan langkah pembelian tersebut berdasarkan permintaan, dan bahwa 40 persen lalu lintas pembaca situs Al-Jazeera Bahasa Inggris datang dari Amerika Serikat.

“Ini murni keputusan bisnis berdasarkan permintaan yang disadari,” ujar Collender. “Ketika orang menonton AL-Jazeera, mereka cenderung sangat menyukainya.”

Sebelum dibeli Al-Jazeera, Current TV tersedia di 60 juta rumah. Current mulai sebagai upaya terobosan untuk mendorong konten yang diisi pengguna. Namun kemudian memakai format yang lebih konvensional dengan menyiarkan perbincangan politik dengan sudut pandang liberal.

Gore mengisi acara sebagai analis selama pemilihan umum yang baru lalu. Selain itu, ada mantan gubernur New York Elliot Spitzer, mantan gubernur Michigan Jennifer Granholm dan Cenk Uygur merupakan penyiar-penyiar utama.

Current dikalahkan oleh MSNBC dalam upayanya menjadi alternatif yang liberal untuk jaringan berita televisi kabel Fox News Channel. (AP/Ryan Nakashima)
Forum ini telah ditutup.
Komentar-komentar
     
Tidak ada komentar di forum ini. Jadi yang pertama dan pasang komentar Anda

Ikuti Kami

 Aktivitas di Facebook