Tautan-tautan Akses

Aktor dan Sutradara Richard Attenborough Tutup Usia


Sutradara Richard Attenborough (kiri) bersama sutradara David Putnam pada acara BAFTA awards di London, 2006. (Foto: Dok)
Sutradara Richard Attenborough (kiri) bersama sutradara David Putnam pada acara BAFTA awards di London, 2006. (Foto: Dok)

Salah satu pencapaian terbesar Attenborough adalah pembuatan penghormatan sinematik untuk Mahatma Gandhi, yang membuatnya memenangkan dua piala Oscar.

Aktor dan sutradara Inggris, Richard Attenborough meninggal dunia Minggu (24/8) dalam usia 90 tahun, menurut laporan BBC yang mengutip putranya.

Salah satu pencapaian terbesar Attenborough adalah pembuatan penghormatan sinematik untuk Mahatma Gandhi, yang membuatnya memenangkan dua piala Oscar. Namun ia juga populer di seluruh dunia berkat peran-perannya, seperti pemilik taman bermain dalam "Jurassic Park".

Richard Samuel Attenborough lahir pada 29 Agustus 1923 di Cambridge, Inggris. Mendapat gelar ksatria pada 1979 dan gelar baron pada Juni 1993, ia merupakan abang dari ahli tumbuhan dan penyiar David Attenborough.

Ayah mereka merupakan profesor universitas, dan ibu mereka adalah aktivis yang berunjuk rasa menggulingkan diktator Spanyol Jenderal Franco dan membantu merawat para pengungsi Perang Sipil Spanyol.

Attenborough, yang telah ingin berakting sejak berusia empat tahun, memenangkan beasiswa ke Royal Academy of Dramatic Art pada 1941. Ia kemudian bergabung dengan Angkatan Udara Inggris, berkualifikasi menjadi pilot, dan pada 1944 menjadi sukarelawan untuk sebuah unit militer yang mengambil film di Jerman.

Ia memiliki catatan panjang bermain dalam teater dan industri film di Inggris. Film-film lainnya yang ia bintangi adalah "Brighton Rock", "The Great Escape", "10 Rillington Place", dan "Miracle on 34th Street".

"Gandhi," film kelima yang ia sutradarai, menempatkannya sebagai salah satu tokoh sinema Inggris yang paling dikenal. Ia juga merupakan pengusaha handal dengan ketertarikan pada radio dan televisi komersial di Inggris, dan dikenal dermawan. Sebagian dari keuntungan film "Gandhi" disumbangkan ke lembaga-lembaga amal.

XS
SM
MD
LG